“PEDULI RAKYAT MISKIN” PROGRAM UNGGULAN KORAMIL JEBUS

  • Whatsapp

(Penrem 045/Gaya). Koramil 413-06/Jebus kembali menggulirkan program andalannya, untuk membantu rakyat yang belum memiliki jamban, dengan membuatkan jamban keluarga bagi yang belum memilikinya. Dengan dipimpin oleh Serma Nurul bersama Kepala Dusun KD, Jumat (12/05/17) membangun jamban di rumah Asikim (41), warga Dusun KD, Kecamatan Parit Tiga, Kabupaten Bangka Barat.

Bacaan Lainnya

Asikim hanya pekerja buruh harian lepas, merupakan keluarga yang termasuk kurang mampu. Sehari-harinya bekerja sebagai buruh harian, untuk upah yang diterima dalam satu hari hanya cukup untuk makan hari itu juga.

Selama ini keluarga bapak Asikim selalu buang hajat di sungai atau di kebon belakang rumah, dengan cara mengggali lubang di belakang rumah atau di semak-semak. Hal tersebut sangatlah tidak nyaman dan menimbulkan bau yang tak sedap. Sebagai orang yang kurang mampu. Jangankan untuk membuat jamban, untuk makan saja masih kesulitan.

Bapak Asikim sangat berterima kasih kepada Koramil Jebus yg telah perhatian dan membantu rakyat miskin.

“selama ini bukannya kami tidak mau membuat jamban pak, tapi karena kami tidak ada biaya” ungkap Asikim.

” Dari pekerjaan kami sehari-hari hanya cukup untuk makan sehari-hari, sekali lagi kami berterima kasih” lanjutnya.

Dengan dibantu oleh anggota Koramil Jebus yang dipimpin oleh Serma Nurul maka hari ini keluarga Asikim sudah tidak lagi buang hajat sembarangan. Untuk itu dia sangat berterima kasih kepada Komandan Koramil 06/Jebus, yang sangat peduli dengan kondisi warga yang kurang mampu dan belum memiliki jamban.

Hingga saat ini sudah 46 buah jamban dibuat oleh Koramil Jebus, untuk membantu warga yang belum memiliki jamban sendiri. Jamban yang di berikan ke warga menggunakan kloset buatan Kodim 0413/Bangka. Memang Kodim sudah membuat kloset secara mandiri, jadi bisa menghemat biaya dari pada membeli kloset di toko.

Memang sudah menjadi komitmen dari Komandan Koramil Jebus, yang senantiasa membantu masyarakat yang tak mampu dan yang belum memiliki jamban, untuk membuatkan jamban keluarga secara gratis minimal satu keluarga selama satu minggu, dan program jambanisasi ini merupakan salah satu kegiatan serbuan teritorial yang digelar oleh Kasad, dalam upaya mewujudkan pola hidup bersih dan sehat bagi masyarakat.

Danramil 06/Jebus dengan progam unggulan “PEDULI RAKYAT MISKIN”, menghimbau kepada warga yang belum memiliki jamban.

“Punya rumah cukup buat lobang saja, selesai buat lobang lapor ke Babinsa, kita langsung turun bawa alat dan perlengkapan lainya, dengan catatan kita buatkan jamban apabila rumah tersebut layak dibantu dan bangunan rumah tidak dari beton” tukasnya. (Na.PR)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan