PEMKAB BANGKA DORONG MINAT BACA MASYARAKAT

  • Whatsapp

DSC_0017 DSC_0022

KABARBANGKA.COM – Bupati Bangka Tarmizi Saat mengintruksikan para pejabat di lingkungan Pemerintah kabupaten Bangka yang melakukan perjalanan dinas dengan menggunakan APBD Kabupaten Bangka, agar menyisihkan dana yang didapat untuk menyumbangkan buku guna mendukung Gerakan Indonesia Membaca (GIM).

Bacaan Lainnya

“ Minimal satu buku yang disumbang, juga yang berkeinginan meyumbang buku dapat menyumbangkan buku dengan diantarkan langsung ke ruang kerja Bupati Bangka,” kata Tarmizi Saat ketika membuka Rencana Kegiatan Aksi Daerah dalam rangka Gerakan Indonesia Membaca ( GIM ) Kabupaten Bangka, Senin (29/8) di Gedung Wanita Sungailiat.

Bupati Bangka Tarmizi Saat sudah membuat surat edaran, terkait dengan instruksi sumbangan buku dari para pejabat yang nantinya buku yang terkumpul akan disumbangkan di Taman Bacanaan yang ada di Kabupaten Bangka.

Bupati juga menginstruksikan kepada Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka melakukan kerjasama dengan Pondok Pasentren di Kabupaten Bangka untuk memanfaat 13 ribu judul buku yang dimiliki dapat dimanfaatkan para satri di perpustakaan milik Ponpes.

“ Buku yang ada dibiarkan akan jadi rusak, lebih baik dimanfaatkan sehingga dapat dibaca,” jelasnya.

Selain itu Bupati minta kepada Desa – desa di Kabupaten Bangka dalam upaya mendukung Gerakan Indonesia Membaca pada tahun anggaran 2017, melalui dana APBDes dapat belangganan surat kabar minimal 3 surat kabar.

Sementara itu untuk meningkatkan minat baca anak – anak, Dinas pendidikan Kabupaten Bangka diminta membiasakan sekolah – sekolah membuat majalah dinding dengan menggelar lomba majalah dinding minimal 2 kali dalam setahun.

Menurut Bupati Bangka Tarmizi Saat melalui aktifitas menulis di majalah dinding akan mendorong dan membiasakan anak – anak membaca, selain itu siswa SMP dan SMA sudah dibiasakan membuat sinopsi dari buku yang dibaca.

Meningkat minat baca masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bangka akan membuat taman bacaan di kawasan Hutan Kota Sungailiat, didepan masjid Agung Sungailiat.

Diharapkannya, pencanangan GIM tingkat Provinsi Kepulauan Bangka yang dipusatkan di kabupaten Bangka yakni di desa Kemuja, 8 Oktober 2016 agar menyertakan masyarakat sehingga GIM benar – benar menyentuh seluruh masyarakat kabupaten Bangka.

Sementara itu panitia pelaksana Rencana Kegiatan Aksi Daerah dalam rangka Gerakan Indonesia Membaca ( GIM ) Kabupaten Bangka Siti Normina menjelaskan, kegiatan GIM merupakan upaya meningkatkan minat baca di kabupaten Bangka khususnya dan Bangka belitung umumnya.

“ Minat baca di Indonesia sangat rendah bila dibandingkan dengan beberapa negara di kawasan Asean,” jelasnya.

Dikatakannya, dengan membaca akan meningkatkan kualitas manusia, meningkat wawasan dan menambah ilmu pengetahuan, untuk itu menanamkan minat baca harus dilakukan kepada anak sejak usia dini.

Rencana Kegiatan Aksi Daerah dalam rangka Gerakan Indonesia Membaca ( GIM ) Kabupaten Bangka diikuti 100 peserta dari berbagai kalangan baik SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka, organisasi wanita dan unsur lainnya, berlangsung sehari. (Humas Bangka)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan