PEMKAB BANGKA DUKUNG LPMP TINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

  • Whatsapp

dsc_3527

KABARBANGKA.COM — Pemerintah Kabupaten Bangka mendukung upaya Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten Bangka.

Bacaan Lainnya

Diantaranya dilakukan dalam meningkatkan pendidikan karakter serta mendukung sekolah model yang sudah dikembangkan.

Hal itu diungkapkan Bupati Bangka Tarmizi Saat ketika menerima Ketua LPMP Bangka Beltiung beserta jajarannya, Sabtu (29/10) di ruang kerja Bupati.

Usai pertemuan dengan Bupati Bangka, Kepala LPMP Bangka Belitung Enang Ahmadi menjelaskan, Bangka Belitung untuk kompetensi guru cukup membanggakan yakni urutan ke 6 di Indonesia setelah Yogyakarta, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Timur dan Bali.

Untuk di Sumatera, Bangka Belitung, termasuk kabupaten Bangka berada di posisi pertama untuk kompetensi guru.

“ Bangka Belitung kompetensi guru diatas rata – rata nasional, di Sumatera Bangka Belitung teratas untuk kompetensi guru,” ujar Enang.

Hasil yang dicapai tersebut meenunjukkan mutu Sumber Daya Manusia ( SDM ) pendidikan di Bangka Belitung cukup baik.

Diakuinya, untuk mutuk keluluasan ujian nasional di Bangka Belitung masih kurang dan perlu diperbaiki.

LPMP memeliki gerakan untuk para guru dalam mendidik para siswa yang berkaitan dengan karakter serta terkait dengan revolusi mental.

“ Membangun karakter dimulai dari para guru, LPMP punya take line yaitu, Guru Kawa, Murid Pacak,” jelasnya.

Agar terealisasi, LPMP mengharapkan Pemkab Bangka mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan, disamping Bangka sudah ada gerakan relegius dikalangan siswa yakni One Day One Juz, juga dalam pendidikan karakter untuk mempertahankan karakter orang Bangka aslinya yakni memilik karakter kawa, namun sudah banyak ditinggalkan.

Menurut Enang, sekolah selain menjadikan anak pintar juga membangun karakter sehingga menjadi orang yang kawa.

Program pendidikan karakter terintegarasi pada kurikulum K 13, untuk itu LPMP mendorong mempercepat K 13,

“ Kalau Pemda memberikan ruang berkontribusi untuk mempercepat K13, maka akan cepat terealisasi di seluruh Bangka Belitung,” ujarnya.

Diungkapkannya, K13 pendidikannya untuk membentuk karakter, yang utama membentuk sikap sebagai salah satu solusi bagi anak – anak di Babel agar bisa bersikap kawa.

Selain itu LPMP juga mengembangkan sekolah model adalah sebuah produk kegiatan pengembangan sekolah serta LPMP memberikan ruang kepada Pemda untuk mengembangkan kearifan lokalnya terakomudir melalui sekolah model.

Di kabupaten Bangka saat ini terdapat sekolah model untuk tingkat SD sebanyak 3 sekolah dan SMP 3 sekolah..

Diharapkannya, sekolah model perlu penguatan daerah dengan memiliki branding, disesuaikan dengan kondisi daerah masing – masing seperti laut dengan wawasan maritim, bila ditempat dengan lahan yang luas dengan wawasan kelekak, yang sudah ada sebelum go greend. (Rus/Humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan