PEMKAB BANGKA LIBATKAN RS SWASTA LAYANI AKTA KELAHIRAN ON LINE

  • Whatsapp

DSC_7133 DSC_7149

KABARBANGKA.COM — Anak yang baru lahir di kabupaten Bangka mendapatkan kemudahan dalam memperoleh akta kelahiran.

Bacaan Lainnya

Selain tidak dikenakan biaya alias gtaris, juga para orang tua tidak perlu lagi antri di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Dukcapil ) Kabupaten Bangka.

Dengan pembuatan akta kelahiran on line, proses pembuatan akte kelahiran dapat dilakukan di rumah sakit dan puskesmas yang terhubung langsung dengan Dinas Dukcapil kabupaten Bangka.

Regulasi pelayanan tersebut telah diterbitkan Peraturan Bupati Bangka nomor 30 tahun 2016 tentang, pedoman penyelenggaraan pelayanan akta kelahiran pro aktif pada puskesmas dan rumah sakit di kabupaten Bangka.

Memperluas pelayanan yang diberikan, Rabu (7/9) bertempat di ruang kerja Bupati Bangka, Dinas Dukcapil kabupaten Bangka melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama dengan Rumah Sakit Swasta yakni RS Medika Stania dan RS Arsani dalam pelayanan akta kelahiran on line.

Penandatangan kerjasama dilakukan kepala dinas Dukcapil kabupaten Bangka Rahmat Gunawan, Direktur RS medika Stania dr Khoirul Saleh, Direktur RS Arsani, dr Benedicta Wayan Suryani, yang disksikan Bupati Bangka Tarmizi Saat.

Bupati Bangka Tarmizi Saat mengharapkan kerjasama yang dilakukan antara Pemerintah Kabupaten Bangka dengan rumah sakit swasta akan meningkatkan pelayanan dalam pembuatan akta kelahiran bagi anak yang baru lahir.

“ Saya inginnya anak yang baru lahir, seketika itu juga akan dibuatkan akta kelahirannya, “ ujar Bupati.

Kesempatan tersebut Bupati Bangka Tarmizi Saat juga menyampaikan rencana peningkatan pelayanan rumah sakit diantaranya RSUD Sungailiat, guna memberikan kepuasan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Pelayanan pembuatan akta kelahiran secara on line sudah dimulai di kabupaten Bangka, sejak Januari 2016 yang dilakukan di Puskesmas dan RSUD yang ada di kabupaten Bangka.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bangka Rahmat Gunawan menjelaskan, pihak rumah sakit dapat memasukkan data bayi yang baru lahir secara on line, untuk selanjutnya Dinas Dukcapil kabupaten Bangka memproses data tersebut untuk diterbitkan menjadi akta kelahiran serta menerbitkan kartu keluarga baru, karena masuknya anggota baru dalam keluarga.

“ Kami akan menjembut berkas anak yang baru dilahirkan di rumah sakit, serta mengantarkan akte kelahiran dan Kartu keluarga yang baru,” kata Rahmat.

Penandatangan Perjanjian Kerja Sama dalam pelayanan akta kelahiran on line dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan M. Kamil Abu Bakar,SH, para staf Ahli Bupati Bangka, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Bangka dr Then Suyanti dan undangan lainnya. (Humas Bangka)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan