Pemprov Babel Rangkul Ulama Sebarkan Informasi Pembangunan

  • Whatsapp

04 07

KABARBANGKA.COM — Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) mengharapkan peran ulama dan para tokoh untuk turut membantu menyebarluaskan informasi pembangunan kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Saya yakin ulama akan lebih dipahami umat, karena selalu mengajak pada kebaikan,” kata Gubernur Babel Rustam Effendi pada Safari Jum’at, di Masjid Al Anshor Komplek Perumnas Timah, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Jum’at (30/09/2016).

Menurutnya, ada hal-hal yang tidak tersampaikan melalui media internal maupun media publik. Maka peran kaum ulama dan para tokoh sangat strategis dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta meningkatkan kondusifitas di daerah.

Melalui peran alim ulama dan para tokoh di desa-desa, gubernur mengharapkan pesan-pesan pembangunan dapat disampaikan langsung kepada warga lainnya. Peran itu dapat dilakukan melalui dakwah.

Pemerintah, lanjut gubernur, akan selalu melakukan komunikasi dengan warga untuk menjaga kondusifitas yang sudah ada, baik dalam hubungan sosial maupun toleransi keagamaan. Salah satu proses komunikasi dilakukan melalui Safari Jum’at.

Dikatakan, Safari Jum’at merupakan kunjungan rutin untuk mendekatkan pemerintah dengan masyarakat. Sekaligus memperkenalkan aparat pemerintah serta menampung aspirasi dan menyampaikan informasi pembangunan.

“”Hal-hal yang tidak tersampaikan itu dapat didialogkan dalam kegiatan Safari Jum’at, bersama ulama dan masyarakat,” tambah Rustam Effendi.

Gubernur menekankan setiap warga dapat menjaga negeri ini agar tetap aman, damai, kondusif. Jangan sampai dirusak oleh kepentingan sesaat ataupun sekelompok orang.

“Kita ini justru bagaimana kepentingan besar yang kita pikirkan, yang intinya adalah kesejahteraan masyarakat,” terang Gubernur Rustam Effendi.

Dalam sambutannya, gubernur juga menyinggung sejumlah hal antara lain rencana pemerintah menambah kuota haji, sertifikasi tanah dan jaminan sosial bagi keluarga nelayan hingga bakal dibangunnya bandar udara perintis di Kabupaten Bangka Selatan guna memudahkan akses kunjungan wisatawan.

Kegiatan Safari Jum’at gubernur kali ini didampingi sembilan pejabat tinggi pratama Pemprov Babel. Bersama warga, rombongan menunaikan sholat Jum’at berjamaah dipimpin imam H Sahirman Jumli, Asisten Sekretaris Daerah Provinsi Babel Bidang Administrasi Umum dan khotib H Nazrin, Kepala Bagian Agama Biro Kesra Setda Babel.

Khotib H Nazrin dalam khotbahnya mengupas hikmah hijrah dan Tahun Baru Islam. Ia mengisahkan dakwah kebaikan Nabi Muhammad SAW yang selalu ditentang kaum kafir Quraisy, hingga kemudian Rosulullah melakukan hijrah dari Kota Makkah ke Madinah. Berbagai muslihat dilakukan petinggi Quraisy seperti Abu Jahal. Namun Allah SWT selalu menyelamatkan Nabi Muhammad SAW, salah satunya dengan pertolongan melalui laba-laba yang bersarang di Gua Tsur, tempat peristirahatan Rosulullah bersama kafilah dalam perjalanan hijrahnya.

“Pada kebaikan-kebaikan kecil itulah terkadang lahir pertolongan Allah, marilah kita petik hikmah Tahun Baru Islam ini dengan berbuat hal-hal yang baik dan bermanfaat,” ajak Khotib Nazrin. (ismail, andi yunanto/humasprobabel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan