Pemuda Sempan Atraksi Atraksi Perang Merebut Kemerdekaan

  • Whatsapp

IMG_20160817_075303 IMG_20160817_075009

KABARBANGKA.COM – Sempan

Bacaan Lainnya

Sebagai cinta tanah air Indonesia dan memperingati jasa-jasa pahlawan, Warga Sempan Melakukan rekonstruksi pahlawan yang berjuang untuk mengambil kerdekaan bangsa dari tanggan penjajah.

Kegiatan diadakan pada saat melaksanakan usai melaksanakan upacara 17 Agustus yang diadakan di lapangan bola Desa Sempan, Rabu (17/08/2016) pagi.

Rekonstruksi ini terdiri dari pasukan Belanda dan pasukan Indonesia. Pasukan Belanda mengunakan baju loreng dan pasukan Indonesia mengunakan baju putih dan baju khas Indonesia.

Dari pantauan wartawan, pasukan Belanda mengunakan senjata yang lengkap seperti kendaraan perang, senjata, meriam dan granat (percon). Kalaupun pasukan Indonesia hanya bermodalkan senjata seadanya seperti bambu runcing, senjata golok saja dan hanya beberapa senjata Laras panjang.

Pasukan Belanda langsung mengelilingi lapangan bola yang mereka anggap sebagai wilayah kekuasan pihak Belanda dari hasil penjajahan, dikarenakan pasukan Indonesia inggin mengambil wilayah mereka yang telah dirampas oleh pasukan Belanda.

Pada saat mengelilingi wilayah kekuasaan Belanda, pihak Belanda akhirnya menemukan pihak pemberontak dari tentara Indonesia yang inggin merebut kembali wilayah tanah air Indonesia.

Karena pihak Belanda tidak menerima pihak indonesia mengambil tanah yang menjadi wilayah kekuasaan mereka, maka perang antara pihak Belanda dan pihak Indonesia tidak dapat dielakkan. Pihak Belanda yang bersenjata lengkap, langsung melemparkan senjata granat (percon) dan melakukan penembakan kepada pihak tentara Indonesia.

Akibat perbuatan ini, sebayak 4 (empat) orang pihak tentara Indonesia langsung gugur dalam Medan perang. Akan tetapi dari kejadian ini, pihak Indonesia tidak langsung surut dalam merebut kemerdekaan mereka dari Belanda, dari beberapa tentara Indonesia yang tersisa mereka langsung melakukan serangan balik kepada tentara Belanda.

Perang merebut kemerdekaan ini berlangsung cukup lama, suara tembakan dimana-mana dan suara granat yang meledak tanpa henti.

Tapi dari semangat tentara Indonesia yang tinggi dalam merebutkan kemerdekaan indonesia, pihak Indonesia secara sedikit-demi sedikit mulai memenangkan pertempuran.

Dari perjuangan yang cukup lama, akhirnya pihak tentara Indonesia berhasil menembak beberapa tentara Belanda dan melakukan melakukan tawanan terhadap sisa tentara Belanda yang masih hidup.

Adapun bendera Belanda yang berkibar di wilayah kekuasaan mereka, pihak tentara Indonesia langsung merobek bendera merah putih biru milik Belanda. Pihak tentara Indonesia langsung merobek bendera biru milik Belanda, dan meninggalkan warna merah putih sebagai lambang bendera bangsa Indonesia.

Akhirnya perjuangan pihak tentara Indonesia merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dalam melakukan perjuangan yang cukup lama. Biarpun dengan bermodalkan senjata sedanya, pihak tentara Belanda yang bermodalkan senjata lengkap berhasil dikalahkan oleh tentara Indonesia. (Belva)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan