Pemuda yang Inspiratif Modal Utama Pengerak Pembangunan

  • Whatsapp

IMG-20160829-WA0028 IMG-20160829-WA0030

KABARBANGKA.COM – Jambore Pemuda Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dimulai Senin 29 Agustus 2016 dibuka oleh Sekretrais Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dr. Yan Megawandi, SH, M,Si di lapangan GOR Sahabudin Air Itam Pangkalpinang.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Sekda Yan Megawandi mengingatkan betapa penting peran pemuda dalam pergerakan kemerdekaan bangsa ini yang dimulai pendirian gerakan Budi Utomo hingga terselenggaranya Ikrar Sumpah Pemuda bahkan sampai saat ini guna mengisi pembangunan bangsa.

“Saya ingin ingatkan bahwa peran pemuda sangat penting bagi berdirinya negara yang kokoh dengan bangsa dengan hebat. Tidak ada negara dimuka bumi ini yang bisa maju bisa bergerak dengan hebat tanpa eksistensi kehadiran pemuda yang sesungguhnya dan eksistensi pemuda yang sesungguhnya adalah pemuda yang menjadi inspirasi yang menjadi penggerak yang menjadi modal utama pembangunan yang kita lakukan, “ ungkapnya

Sekda Yan Megawandi menginginkan peran pemuda harus mendapat tempat yang strategis didalam pembangunan bangsa oleh karena itu diharapkannya peserta jambore pemuda daerah yang berasal dari kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini dapat meningkatkan kemampuan diri sehingga pada suatu saat nanti dapat dimanfaatkan secara optimal.

Diakhir sambutannya, Sekda Yan Megawandi menekankan pemuda harus memiliki dua hal penting sebagai modal yaitu kejujuran dan keberanian.

“kejujuran dan keberanian adalah mata uang yang berlaku di seluruh belahan dunia sepanjang kehidupan manusia, tetapi dua hal ini keberanian dan kejujuran juga harus kita bungkus dengan kesederhanaan supaya pemuda nanti yang tampil dipentas nasional yang tampil sebagai pemimpin adalah pemuda yang tawadu, “ jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov Babel, Padli selaku Ketua Pelaksana dalam laporannya mengatakan, Jambore Pemuda Daerah diikuti 98 peserta dari Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Belitung, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan dan Belitung Timur, berusia 16 hingga 26 tahun.

Dijelaskan juga oleh Padli selama mengikuti jambore hingga 3 September mendatang, peserta dibekali dengan berbagai pengetahuan dengan nara sumber dari Korem 045 Garuda Jaya, Polda, Disperindag, Bappeda, Purna Karya Pemuda Indonesia, Kanwil Kemenag dan BNN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Diakhir kegiatan nanti, jelas Padli, peserta akan dipilih yang terbaik untuk mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ditingkat nasional.

“Setelah Jambore Pemuda Daerah diharapkan terpilih 13 pemuda- pemudi Bangka Belitung yang terbaik untuk mengikuti Jambore Pemuda Indonesia pada tanggal 26 sampai 31 Oktober 2016 mendatang bersamaan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda ke-88 di Palangkaraya Kalimantan Tengah, “ pungkasnya.

Peresmian Pembukaan Jambore Pemuda Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ditandai penyematan tanda peserta kepada dua orang perwakilan peserta oleh Sekda Yan Megawandi didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Hardi. (Andi, Suherman/www.humas.babelprov.go.id)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan