Penertiban Pasar Pagi Kampung Melayu, Harus Ada Solusi Terbaik

  • Whatsapp

Pangkalpinang – kabarbangka.com

Anggota DPRD Kota Pangkalpinang Komisi II dari Fraksi Demokrat, Rano Karmin, mengaku perihatin terhadap penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) yang dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pangkalpinang, di Pasar Pagi Kampung Melayu, Kota Pangkalpinang beberapa hari yang lalu.

Bacaan Lainnya

Rano Karmin mengatakan, sebaiknya dinas terkait melakukan konsolidasi dulu antar dinas lainnya maupun dengan pedagang, sebelum melakukan penertiban pedagang yang dianggap melakukan pelanggaran. Hal itu dipandang perlu dilakukan, supaya dapat memberikan solusi terbaik sebelum dilakukannya penertiban .

” Soalnya kami di Komisi II sudah sering mendapatkan laporan dari pedagang yang mengeluhkan tentang penertiban yang di lakukan oleh aparat terkait tanpa ada solusi sama sekali,” ujar Rano kepada awak media, Senin (01/08/2016).

Dirinya juga menambahkan, para pedagang ini memang melanggar aturan, namun sebagai pemerintah kita harus lebih bijaksana dan arif dalam menyikapinya persoalan yang dihadapi pedagang tersebut.

” Para pedagang ini memang secara peraturan memang melanggar, namun sebagai pemerintah kita harus lebih bijaksana dan arif dalam menyikapinya persoalan yang dihadapi pedagang, misalnya dengan memberikan tempat yang layak untuk berjualan yang baru bagi para pedagang, sehingga permasalahan seperti ini dapat di selesaikan tanpa menimbulkan masalah yang baru ,” tambahnya.

Dirinya juga menyebutkan bahwa apabila pemerintah Kota Pangkalpinang telah mempunyai tempat untuk merelokasi pedagang ketempat yang lebih layak, maka perlu di lakukan pengaturan lebih baik, sehingga tatanan pasar menjadi lebih baik dan tidak semerawut seperti semula.

” Jika renovasi pasar pagi di realisasikan maka lebih baik para pedagang di atur dengan cara di kelompokkan sesuai dengan jenis dagangannya, seperti pedagang buah di kelompokkan bersama pedagang buah dan lain sebagainya, sehingga pasar jadi tertib dan membuat konsumen mudah untuk mencari apa yang mereka butuhkan di pasar” ujarnya.

Politisi partai demokrat ini juga mengatakan, selain PKL yang harus Tertibkan, parkir pun harus menjadi perhatian pemerintah, karena pengguna jalan pasti terganggu dengan parkir kendaraan yang ada di pasar tersebut.

Setiap pagi pasti terjadi kemacetan yang panjang dilokasi pasar tersebut, di sebabkan oleh parkir kendaraan yang sudah memakan setengah dari badan jalan, membuat arus lalulintas menjadi macet ,seharusnya selain permasalahan PKL, Dinas terkait harus Berkoordinasi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut supaya terciptanya pasar yang sehat,baik itu masalah para pedagang maupun sarana prasana pasar,”menurutnya. (Erwin).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan