PENGOPLOS BERAS MASIH MENGINAP DI RUTAN POLDA BABEL

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Bos Toko Jaya Abadi, Yakni Cristian Chandra, sampai saat ini masih menginap di Hotel Prodeo (Rutan) Mapolda Kepulauan Bangka Belitung. Dia ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Subdit Indag Dit Krimsus Polda Babel, lantaran diduga telah mengoplos beras Bulog menjadi beras bermerek mahal dan terkenal.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan Direktur Kriminal Khusus Polda Babel, AKBP Mukti Juharsa, kepada awak media, Jum’at (23/12/2016).

Dikatakannya, selain menahan pemilik toko yang diamankan, salah satu pegawai yang ikut melakukan pengoplosan beras, David juga ikut menginap di Rumah Tahanan (Rutan) Mapolda Babel.

” Kasus pengoplosan beras ini masih kita proses terus dan sudah ada tersangkanya, yakni pemilik dan pekerja yang hingga saat ini masih kita tahan, sedangkan untuk tersangka tambahan sampai saat inu belum ada” ucapnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, selain mengamankan para pelaku, pihaknya juga mengamankan barang bukti sebanyak 49 karung beras dengan berat total 2,5 ton yang masih tersimpan di Gudang Barang Bukti (BB) milik Dit Reskrimsus Polda Babel.

” pelaku utama dalam kasus pengoplos beras ini adalah Bos Toko (Cristian Chandra) dan yang lain hanya membantu saja,” paparnya.

Adapun modus operandi yang digunakan pelaku pengoplos beras ini, yaitu dengan menyalin beras Bulog ke dalam karung beras merek yang lain dan menjualnya sesuai dengan harga beras karung merek itu.

“Modus yang mereka lakukan dengan cara beras Bulog, dimasukkan ke dalam karung beras merek yang lain, dan menjualnya sesuai dengan beras merek ini. Seluruhnya ada 49 karung beras Bulog yang kita sita. Beras Bulog ini setiap karung besar berisi 50 kilogram,” ungkapnya, seraya menambahkan bahwa beras mencapai 2,5 ton yang disita polisi sebagai barang bukti itu, diperoleh dari toko milik tersangka.

“Berdasarkan pengakuan pemilik dan pekerjanya, mereka sudah melakukan pengoplosan beras ini selama 5 bulan. Ini sudah tergolong cukup lama,” pungkasnya. (3K0)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan