Penjual Durian Raup Keuntungan, Mulai Ratusan Ribu Sampai Jutaan

  • Whatsapp
Penjual Durian di area Hutan Kota Sungailiat

KABARBANGKA.COM, BANGKA — Siapa yang tak kenal buah Durian? Buah yang nampak “menyeramkan” dari luar itu, tapi isi di dalamnya sangat nikmat rasanya. Tapi buah Durian tidak selalu ada, loh! Karena Durian termasuk tanaman musiman. Dalam setahun, pohon Durian hanya berbuah 1 sampai 2 kali saja, itupun belum tentu banyak buahnya.

Pada musim Durian di pertengahan tahun 2018 ini, hampir disetiap sudut Kota Sungailiat dan median jalan, terlihat pedagang musiman yang menjual aneka  jenis buah Durian. Demikian juga di area Hutan Kota Sungailiat, sejumlah penjual Durian nampak berjejer menjajakan buah yang rasanya menggugah selera tersebut.

Bacaan Lainnya

Sabtu (14/07/2018) petang, redaksi media ini berkesempatan mewawancarai sejumlah penjual Durian di area Hutan Kota Sungailiat.

Menurut Riduan, pedagang Durian asal Desa Pusuk, Kecamatan Kelapa, semua Durian yang dijualnya berasal dari Desa Pusuk dan Desa Tuik, Kecamatan Kelapa. Dalam sehari, Riduan dan temannya bisa menjual Durian rata – rata lebih dari 200 butir, dengan omzet perhari mencapai 6 juta lebih. Dari omzet tersebut, mereka bisa mendapat untung hingga 1 juta atau lebih.

Dikatakannya, harga Durian yang mereka jual bervariasi, sesuai jenis dan ukuran buahnya. Ia juga mengatakan, tidak ada trik khusus dalam menjual buah Durian, yang penting isi (daging) duriannya bagus.

“Harganya bervariasi bang, sesuai jenis dan ukuran buahnya lah. Ada yang harga Rp 10.000 per butir, ada juga yang Rp 100.000 per butir. Kalau trik khusus tidak ada, yang penting isinya bagus dan tidak busuk,” ungkapnya.

Masih menurut penuturan Riduan, musim Durian tahun ini diperkirakan akan masih berlanjut, hingga lebaran haji mendatang.

Asri, penjual Durian asal Desa Bakam, mengaku sudah sekitar 3 Minggu ini berjualan Durian di area Hutan Kota Sungailiat. Dalam sehari, rata – rata Ia bisa menjual lebih dari 100 butir Durian, dengan omzet rata – rata 3 juta atau lebih. Dari jumlah omzet itu, Asri bisa memperoleh untung kisaran Rp 350.000 – Rp 400.000 perharinya.

Durian bagus, harganya memang agak mahal, sesuai dengan duriannya lah,” seloroh Asri.

Tak jauh beda dengan Asri, Baim, penjual Durian asal Desa Penagan, Kecamatan Mendo Barat mengatakan, dalam sehari Ia dan rekannya bisa menjual Durian rata – rata lebih dari 100 butir, dengan omzet rata – rata 2 juta lebih hingga 3 juta perhari, dengan keuntungan sekitar Rp 300.000 – Rp 400.000. Buah Durian yang dijualnya, juga berasal dari sekitar Desa Penagan, Kota Kapur, dan Desa Tanjung Pura.

Anda berminat makan Durian yang bagus dan enak? Datang saja ke area Hutan Kota Sungailiat, tepanya di antara Masjid Agung Sungailiat dengan Hotel  Tri Mustika. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan