Peran Kartini Milenial Untuk Melahirkan Generasi Unggul

  • Whatsapp

Penulis: Rifani Nabila Amanda
Mahasiswi Universitas Bangka Belitung

Saat ini Era Globalisasi yang sangat pesat tentunya banyak kemajuan yang terjadi. Adanya generasi penerus bangsa yang kreatif dan inovatif membawa Indonesia selangkah lebih maju dalam Berbagai bidang ,contohnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Jika digunakan dengan baik dan benar menuju arah positif akan membawa suatu kemajuan untuk bangsa Indonesia, namun apabila disalahgunakan kearah negatif maka akan mengakibatkan kemunduran.

Oleh karena itu kita sebagai generasi penerus bangsa harus cermat dalam menggunakan sosial media, sebab seyogyanya saat ini banyak beredar isu sara yang bermuara kepada hoax dan radikalisme

Menurut hemat penulis, yang menjadi tolak ukur pada pembahasan kali ini seyogyannya mengklasifikasikan dalam rentetan frasa. Bahwa pada dasarnya perempuan memiliki jiwa yang sangat kuat untuk mendidik dan membentuk karakter anak dengan bahasa yang lembut kemudian tidak menggunakan kekerasan untuk membuat anak merasa tenang dan lebih mudah untuk diberikan pengarahan dalam segala bidang untuk kebaikan.

Sedangkan hal yang lebih krusial untuk di lakukan yaitu pola asuh anak harus di perhatikan, agar sikap batiniah anak ketika diajak komunikasi tidak mudah mengeluarkan emosionalnya,hal tersebut harus diterapkan sejak dini sehingga generasi Millennial nantinya tidak akan mudah menyerap informasi hoax dan tidak gampang terjerumus dalam paham radikalisme yang bisa berpengaruh buruk untuk keutuhan NKRI.

Menurut hemat penulis Peran perempuan sangat penting dalam kemajuan Indonesia dan bisa kita lihat dari perjuangan pahlawan perempuan yang sangat tangguh yaitu RA Kartini. Nah Jika dulu berjuang melawan penjajah dan menegakkan derajat perempuan maka Kartini Millennial saat ini berjuang melawan hal-hal Yang bisa membuat pecah persatuan dan kesatuan Indonesia.

Contohnya di Era Globalisasi dan Modernisasi saat ini, Kartini Millennial harus memiliki power untuk mendobrak dan melahirkan generasi yang luar biasa dengan berfikir secara logis, rasional akan informasi yang diterima dan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Selain itu juga Kartini Millennial Harus bisa membuat generasi penerus bangsa Cinta terhadap budaya Indonesia tanpa harus mengikuti budaya westernisasi atau pembaratan.

Menurut hemat penulis Kartini Millennial saat ini harus memiliki semangat untuk menjaga keutuhan NKRI, dengan mengutamakan pendidikan ditengah Arus teknologi modern Era millenium ini.karena pendidikan sebagai kunci keberhasilan suatu bangsa untuk melawan radikalisme. selain itu peran Pendidikan untuk generasi penerus bangsa menjadi kunci terbentuknya pribadi generasi Millennial yang mandiri,Kreatif,Inovatif, cerdas dan menumbuhkan rasa nasionalisme.

Berdasarkan uraian di atas dapat kita simpulkan bahwasanya kita sebagai generasi Millennial sudah seharusnya kritis dan cerdas dalam menangkal hoax dan paham radikalisme yang dapat memecahkan persatuan dan kesatuan NKRI, agar Indonesia bisa menjadi seeperti apa yang di cita-citakan oleh pejuang dan tokoh-tokoh kebangsaan di negeri kita tercinta. (*)

Pos terkait