PERANGKAT DESA IKUTI SOSIALISASI 4 PILAR KEBANGSAAN

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Empat Pilar Kebangsaan, meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tuggal Ika, Negera Kesetuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan nilai – nilai yang selalu terpatri dalam diri bangsa Indonesia.

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Bangka Rustamsyah mengatakan, nilai-nilai yang ada dalam 4 Pilar Kebangsaan juga harus tertanam dalam diri seluruh perangkat desa.

Hal itu dikatakan Rustamsyah, Rabu (8/3) pada sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang dilakukan MPRRI/DPRRI bagi perangkat desa di wilayah kabupaten Bangka di gedung Sepintu Sedulang Sungailiat.

Rustamsyah menjelaskan, dengan menghayati nilai – nilai Pancasila dapat diamalkan dalam kehidupan sehari – hari, hal ini penting ditengah – tengah sebagian orang yang sudah mulai melupakan nilai – nilai tersebut.

Menurutnya, Pancasila dapat menjadi filter untuk menahan laju informasi yang menyesatkan, serta yang dapat memecahbelah persatuan dan kesatuan.

Duharapkannya sosialisai Empat Pilar Kebangsaan dapat kembali menyegarkan dan menguatkan nilai – nilai yang terkandung didalamnya dapat menjadi bekal dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sementera itu anggota DPR RI/MPR RI asal pemilihan Bangka Belitung Azhar Romli menjelaskan, MPR RI terus melakukan sosialisasi tentang Empat Pilar Kebangsaan secara terus – menerus kepada masyarakat, termasuk yang dilakukan kepada para perangkat desa di Kabupaten Bangka bekerjasama dengan APDESI.

“ Sosialisasi yang dilakukan merupakan amanah konstitusi, dimana anggota DPR RI yang juga anggota MPR RI diberikan tugas untuk melakukan sosialisasi tentang kebangsaan kepada jajaran pemerintah daerah, masyarakat dan seluruh warga negera Indonesia,” papar Azhar.

Dikatakannya, dalam perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara selama 71 tahun Indonesia mereka bangsa Indonesia menghadapi era reformasi dimana Pancasila sebagai dasar negara serta UUD 1945 sebagai konstitusi juga NKRI dan Bhineka Tunggal Ika hampir – hampir dilupakan.

Menurut Azhar Romli melalui sosialisasi yang dilakukan ini akan kembali menyegarkan ingatan seluruh warga negara Indonesia bahwa bangsa Indonesia memiliki empat pilar kebangsaan untuk menguatkan rasa persatuan dan kesatuan karena banyak permasalahan kembangsaan terjadi di negara ini.

Diharapkannya kepada para perangkat desa untuk selalu mempedomani dasar negara, termasuk dalam membuat peraturan desa untuk selalu mengacu kepada konstitusi yakni UUD 1945, serta peraturan perundangan lainnya.

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan diikuti para Kepala Desa dan Perangkat Desa di wilayah Kabupaten Bangka. (Rus/Humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan