Pesta Adat Sedekah Kapong Kundi Bersatu Menarik Perhatian Masyarakat Bangka Barat

  • Whatsapp

KABARBANGKA. COM—- Pesta adat  Sedekah Kapong Kundi Bersatu di Desa Kundi yang biasa dilaksanakan setahun sekali menarik perhatian masyarakat Bangka Barat.  Berbondong – bondong masyarakat baik dari Desa Kundi sendiri maupun dari luar desa memadati lokasi acara, di depan  Balai Pertemuan Desa Kundi, Minggu ( 20/08/17 ).

Segenap petinggi Pemda Bangka Barat dan dari Pemprov Bangka Belitung ikut hadir dalam pehelatan tersebut diantaranya, Bupati Bangka Barat H. Parhan Ali, Wakil Bupati Bangka Barat Markus, Ketua DPRD Bangka Barat Hendra Kurniady, Anggota DPRD Bangka Barat Alha Agus, Danramil Mayor Sahudi, Ketua Tim Penggerak PKK Bangka Barat Hj. Annissa Parhan, Segenap Kepala OPD, Kepala Biro Kesra Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Arsyad Suryadi didampingi Kabag. Sosial Provinsi  Babel serta Camat Muntok Sukandi.

Bacaan Lainnya

Kedatangan mereka disambut oleh Camat Simpang Teritip Sumardi S. Ag dan  Kepala Desa Kundi Kamisun M. Yamin

Menurut Ketua Panitia Ketua Panitia Suria Usman Sururi , acara adat sedekah kampung Kundi telah dilaksanakan sejak adanya Desa Kundi merupakan acara adat budaya yang dilaksanakan setiap tahun setelah masa panen sebagai tanda syukur kepada Sang Pencipta.

Disamping itu dikatakannya,  tujuan Sedekah Kampung disamping untuk melestarikan adat budaya, juga untuk mempererat tali silaturahmi di Desa Kundi Bersatu.

Menampilkan  kesenian adat daerah diantaranya arak – arakan Hadrah, Tari Sambut, dan pencak silat berhasil mengundang penonton mendekati  area di depan panggung utama tempat acara berlangsung.

Bahkan seluruh tamu di panggung kehormatan ikut meletakkan uang ditanah sebagai saweran saat atraksi pencak silat ditampilkan, termasuk  Bupati Bangka Barat H. Parhan Ali, Wakil Bupati Markus, Ketua DPRD Bangka Barat Hendra Kurniadi.

Bupati Bangka Barat, H. Parhan Ali mengatakan Sedekah Kampung Kundi merupakan warisan budaya yang perlu dilestarikan dan dapat dijadikan sebagai salah satu  aset budaya  untuk menunjang pariwisata Bangka Barat.

“ Pesta adat Desa Kundi ini salah satu adat budaya yang perlu di dengungkan oleh pariwisata kita di Bangka Barat ini. Oleh karena itu, ini perlu dipertahankan, dikembangkan dan dilestarikan,” ujar Parhan.

Dia berharap Sedekah Kapong Kundi Bersatu bisa dinikmati dan dipromosikan lebih luas lagi sampai ke level nasional.

“ Harapannya, ini bisa dinikmati oleh masyarakat Bangka Barat saja, tapi juga kabupaten lainnya bahkan nasional dan untuk kedepan agar dilaksanakan dengan lebih meriah lagi, ” kata dia.

Di kesempatan yang sama,  Kepala Desa Kundi Kamisun M. Yamin mengucapkan terima kasih kepada para undangan dan kepada semua pihak yang ikut membantu pelaksanaan Sedekah Kapong Kundi Bersatu.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat Desa Kundi untuk menjadi tuan rumah yang baik dengan mengutamakan keramahan serta mengajak untuk menjaga keamanan demi kelancaran acara.

“ Sebagai tuan rumah, mari kita menjadi tuan rumah yang baik, mari kita melayani tamu kita dengan baik, dan tamu pun untuk kami harapkan juga baik, mari kita bersama  – sama menjaga agar acara kita ini dapat berjalan lancar, aman, tertib sampai selesai nantinya,” ajak dia. ( SK )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan