Pilwako Pangkalpinang, Pasangan Molen – Sopian Meraih Suara Terbanyak

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM, PANGKALPINANG — Komisi Pemilihan Umum Kota Pangkalpinang menggelar Rapat Pleno Hasil Pemungutan Suara Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Pangkalpinang Peride 2018 – 2023, di Swiss-Bel Hotel Pangkalpinang, Kamis (05/07/2018) yang dimulai sekira pukul 09:30 WIB.

Bacaan Lainnya

Rapat Pleno tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kota Pangkalpinang, M. Yusuf, dan dihadiri Asisten Pemerintahan Dan Kesra, Kepala Badan Kesbangpol, Ketua Panwaslu Kota Pangkalpinang, Kapolres Pangkalpinang, dan Kejari Pangkalpinang.

“Proses Rekapitulasi ini merupakan proses akhir, hasil penetapan perhitungan ini sebagai bahan untuk menetapkan Calon Walikota dan Wakil Walikota baru yang terpilih,” ungkap M. Yusuf dalam sambutannya.

Berdasarkan hasil data yang diterima dari 7 PPK ayang ada di Kota Pangkalpinang, Paslon Nomor Urut 3 Maulan Aklil (Molen) -Muhammad Sopian, meraih suara terbanyak yaitu 31.792 suara, dari total suara yang sah 76.449 suara atau sekitar 41,55 persen.

Dengan hasil tersebut, perolehan suara pasangan Molen-Sopian menggungguli tiga pasangan lainnya, yakni Paslon Nomor Urut 2 Udin – Edison, Paslon Nomor Urut 4 Endang – Ismiryadi, dan Paslon Nomor Urut 1 Rinaldi – Sarju.

Paslon Nomor Urut 2 Udin – Edison, memperoleh suara 25.283 atau 33,07 persen. Paslon Nomor Urut 4 Endang – Ismiryadi meraih 12.812 suara atau 16,75 persen. Dan Paslon Nomor Urut 1 Rinaldi – Sarju mendapat sebanyak 6.562 suara atau 8,58 persen.

“Perolehan suara masing-masing calon ini merupakan hasil dari rekapitulasi perhitungan 7 PPK yang ada di Kota Pangkalpinang, yakni Bukit Intan, Gabek, Gerunggang, Girimaya, Pangkalbalam, Rangkui dan Taman Sari,” jelasya.

Hasil Rapat Pleno rekapitulasi perolehan suara yang diselenggarakan hari ini sudah dinyatakan sah oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pangkalpinang, juga disaksikan oleh LO atau perwakilan dari masing – masing pasangan calon, kepolisian, TNI, Pemkot Pangkalpinang dan tamu lainnya.

“Hasil rapat pleno tadi pagi, akan kami laporkan ke KPU RI, dan selanjutnya KPU RI membuat surat inkragt untuk diteruskan ke MK. Untuk jadwal penetapan calon terpilih, kami masih menunggu keputusan dari MK. Nanti setelah 3 hari setelah ada keputusan dari MK, baru kami membuatkan SK penetapan calon terpilih,” tutupnya.

Rapat Pleno yang diadakan KPU Kota Pangkalpinang ditempat berjalan aman, tertib, dan lancar. Dan semua saksi atau perwakilan dari masing – masing pasangan calon menerima hasil perhitungan tersebut. (Pur)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan