Polisi Tidak Keluarkan Data Resmi, Tapi Data Terduga Pelaku Pembunuhan Ayu Sudah Beredar di Medsos

  • Whatsapp

PANGKALPINANG — Warga Jalan Sumedang, Kacang Pedang, Kota Pangkalpinang, dihebohkan dengan penemuan jasad perempuan dalam karung, yang ditemukan di belakang Penginapan Oyo Dewi Residence 2, Sabtu (14/11) pagi.

Putranto (25), saksi yang pertama kali menemukan jasad dalam karung tersebut mengatakan, pada saat dia akan menjemur pakaian di belakang kontrakan, dia melihat banyak lalat di belakang Penginapan Oyo Dewi Residence 2, dan mengeluarkan bau busuk.

“Karena penasaran, saya pergi mencari bau menyengat tersebut. Kemudian saya menemukan dan mendekati bau menyengat itu, yang saya rasa berasal dari dalam karung. Setelah saya lihat-lihat, saya raba yang ada didalam karung tersebut adalah mayat, yang kemudian saya langsung melapor kepada bos saya,” ungkap Putranto.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Tim Identifikasi Polres Pangkalpinang, terungkap bahwa jasad perempuan rempuan dalam karung tersebut bernama Ayu Binti Hasanusi, warga Kerabut Gang Musholla Al Hikmah, Kecamatan Gabek.

Saksi lainnya, AD, yang merupakan Resepsionis di Penginapan Oyo Dewi Residen 2 mengatakan, pada hari Selasa (10/11), kira-kira pukul 13.30 WIB, Yahya (30), yang merupakan mantan pegawai di Penginapan Dewi Residense 1 Selindung, menggunakan kamar Nomor 11.

“Yahya sempat memberitahukan kepada saya, kalau mau membawa perempuaan ke kamar tersebut. Setelah itu saya sudah tidak mengetahui lagi, kapan Yahya dan perempuan yang dibawanya meninggalkan kamar nomor 11? Saya hanya mengetahui, pada hari Selasa tengah malam atau Rabu dinihari, Yahya sudah tidak lagi berada di penginapan,” beber AD.

Informasi AD dibenarkan oleh DT, yang merupakan pemilik Penginapan Dewi Residen.

DT mengatakan, Yahya memang pernah bekerja untuk mengurus penginapan di Selindung. Namun sekitar satu bulan lalu, yang bersangkutan sudah tidak lagi bekerja sebagai pegawai di penginapan miliknya.

“Yang saya ketahui, Yahya memiliki permasalahan keluarga. Istri Yahya pernah melapor kepada saya, kalau yang bersangkutan sering mengkonsumsi Narkoba jenis Sabu, dan uang tabungan hasil bekerja dikuras habis oleh Yahya,” kata DT.

Informasi yang beredar, motor Honda Beat dengan Nopol BN 4578 PC Milik Ayu (korban), diduga dibawa lari oleh Yahya.

Saat ini, Polres Pangkalpinang sedang memburu Yahya untuk mendapatkan Fakta yang sebenarnya, terkait penemuan jasad perempuan dalam Karung tersebut.

Entah siapa yang menyebarkannya, namun informasi dan data tentang Yahya sebagai terduga pelaku pembunuhan Ayu, sudah kadung beredar luas di media sosial.

Kapolres Pangkalpinang, melalui Kabag Ops AKP Johan Wahyudi, menyatakan polisi tidak mengeluarkan data resmi tentang pelaku.

” Polisi tidak ada mengeluarkan data resmi tersebut, karena pelaku belum tertangkap, dan masih dalam pengejaran Polres Pangkalpinang, dibackup Polda Babel,” terangnya, Minggu (15/11).

AKP Johan Wahyudi mengaku tidak mengetahui, dari mana awak media mendapatkan foto pelakunya?

“Entah dari mana rekan-rekan awak media dapat foto pelakunya? Sedangkan polisi, kan ada tatacara dan aturan saat menyebar foto-foto diduga pelaku kejahatan,” kata dia.

Disinggung apakah polisi belum keluarkan DPO untuk terduga pelakunya? AKP Johan Wahyudi menegaskan belum ada proses penetapan tersebut.

“Belum ada prosesnya,” demikian AKP Johan Wahyudi. (Romlan)

Pos terkait