POLISI & WARGA AMANKAN TERDUGA PELAKU PENCURIAN LADA

  • Whatsapp

20160910_082152

KABARBANGKA.COM — PAR (25), warga Desa Jelutung, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, diamankan warga dan anggota Polsek Namamg, karena diduga mencuri 3 karung Sahang (Lada) milik Intung (35) warga desa setempat, Jumat (09/09/2016) petang. Sahang (Lada) milik Intung tersebut, sedang di rendam di salah satu tempat pencucian lada Aik Gelase, Desa Jelutung.

Bacaan Lainnya

Kabar diamankannya PAR, terduga pelaku pencurian Sahang (Lada) di Desa Jelutung tersebut, juga diposting oleh akun Facebook Humas Polsek Namang, dan humaspolseknamangblogspot.com, Sabtu (10/09/2016) pagi.

Kapolres Bangka Tengah AKBP Frenky Yusandhi, melalui Kapolsek Namang IPDA Bobory Nico menuturkan, terungkapnya terduga pelaku pencurian sahang yang sudah meresahkan warga sekitar Kecamatan Namang, adalah berkat kerjasama yang terjalin dengan baik antara Polsek Namang & warga Desa Jelutung.

Penangkapan tersangka PAR bermula dari informasi pemilik lada yaitu Intung, kepada pihak Polsek Namang. Intung melaporkan bahwa telah kehilangan 3 karung lada yang sedang di rendam ditempat pencucian lada Aik Gelase, Desa Jelutung, Jumat (09/09/2016) siang. Mengetahui laporan tersebut, Personil Polsek Namang beserta warga Jelutung menelusuri jejak pelaku yang telah mencuri lada tersebut di daerah Aik Gelase, Desa Jelutung tersebut.

Sekira pukul 15.30 wib, pencarian ini membuahkan hasil. 3 karung lada yang diduga milik Intung, telah ditemukan di daerah Kolong Pajar, Desa Jelutung. Jarak dari daerah Aik Gelase (tempat hilangnya 3 karung lada) dengan Kolong Pajar, sekira 300 meter. Tetapi, muncul ide dari warga serta personil Polsek Namang, untuk bersembunyi di semak – semak dengan maksud mengetahui siapa pelaku yang akan mengambil 3 karung lada tersebut.

Dan ternyata benar. Sekira pukul 17.30 wib, seorang laki – laki yang diketahui oleh warga Desa Jelutung sebagai PAR, menghampiri 3 karung lada tersebut dan akan membawanya. Warga dan anggota Polsek Namang yang memang sudah siaga dilokasi, langsung mengamankan PAR beserta barang bukti dan dibawa ke Polsek Namang.

“Tersangka PAR diduga melakukan pencurian lada dengan cara mengambil 3 karung lada yang sedang di rendam di tempat pencucian lada. Kemudian, tersangka PAR memindahkan 3 karung lada tersebut ke daerah Kolong Pajar, Desa Jelutung untuk di sembunyikan. Tetapi, sebelum mengambil hasil curiannya, PAR keburu diamankan oleh warga Desa Jelutung dan Personil Polsek Namang, yang sebelumnya telah mengintai gerak – gerik PAR dari semak – semak,” ungkap Kapolsek Namang, IPDA Bobory Niko.

Dihadapan petugas, PAR yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka, telah mengakui semua perbuatannya. PAR mengaku terpaksa mencuri, karena sedang kesulitan ekonomi.

” Saya terpaksa melakukan pencurian ini karena keluarga saya sedang mengalami kesulitan ekonomi. Saya mengakui semua perbuatan yang telah saya lakukan. Saya sangat menyesal,” kata PAR kepada petugas penyidik Polsek Namang.

Akibat perbuatan yang dilakukan oleh tersangka PAR, Polsek Namang menerapkan Pasal 362 KUHP tentang Pencurian terhadap tersangka PAR dengan ancaman maksimal 5 tahun pidana penjara.

“PAR sudah kita tetapkan sebagai tersangka, dan sudah kita tahan di Polsek Namang. 1 unit motor YAMAHA VEGA RR warna hitam, yang digunakan oleh tersangka untuk melakukan aksi pencurian tersebut juga sudah kita sita,” tambahnya.

IPDA Bobory Niko juga menghimbau kepada para petani lada agar lebih berhati – hati, dan lebih waspada apabila sedang merendam hasil panen lada milik para petani.

” Kejadian Pencurian Lada ini sebagai pembelajaran bagi kita semua. Saya berharap para petani lada lebih ketat dalam menjaga hasil panennya, apalagi saat merendam lada tersebut. Jangan sampai lengah terhadap para pelaku pencurian lada ini,” himbaunya. (Red / Humas Polsek Namang)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan