POLSEK JEBUS RINGKUS PENCETAK DAN PENGEDAR UPAL

  • Whatsapp

img_20161101_112753 img-20161101-wa0005

KABARBANGKA.COM — Polsek Jebus mengamankan 2 orang pelaku penyebaran serta pembuat uang palsu, dengan total jumlah puluhan juta selama 1 tahun terakhir.

Bacaan Lainnya

Kedua pelaku yaitu Siswanto alias Sis (36) dan Barman Irawan (36), warga Sumber Rejo, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang, diamankan polisi di Desa Ketap, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat, Selasa (31/10/2016) sekira pukul 19.30 WIB. Siswanto diduga berperan sebagai Pengedar Upal, dan Barman diduga sebagai Pembuat Upal tersebut.

Modus yang digunakan pelaku dengan cara membelanjakan Upal tersebut ke toko, dan mengambil kembaliannya yang merupakan uang asli. Namun tindakan para Pengedar Upal itu terungkap, setelah Siswanto dengan sengaja membeli 1 bungkus rokok di toko milik Jupri, dengan menggunakan uang pecahan Rp.50.000,-. Korban curiga saat menerima uang dari pelaku dan kemudian pelaku diteriaki oleh korban. Saat itu disekitar toko ada anggota Polsek Jebus yang sedang melaksanakan kegiatan Patroli, dan langsung mengamankan pelaku.

Dari tangan pelaku, diamankan BB berupa uang palsu sebesar Rp.200.000 terdiri dari 4 lembar pecahan Rp.50.000,- dari 4 pemilik warung tempat pelaku membeli rokok serta makanan.

Kapolsek Jebus KOMPOL Alam Bawono, seizin Kapolres Babar AKBP Hendro Kusmayadi menjelaskan, modus pelaku adalah menukarkan uang diduga palsu kepada pemilik-pemilik warung/toko, dengan berpura -pura membeli barang, kemudian pelaku akan mendapatkan kembalian uang asli dan mendapatkan barang.

Dari hasil pemeriksaan diketahui, jika pelaku mendapatkan uang palsu tersebut dari orang yang bernama Barman yang tinggal di Sumber Rejo, Kota Pangkalpinang.

Mendapat informasi tersebut, anggota Polsek Jebus langsung berangkat menuju ke tempat Barma di Pangkalpinang. Di tempat tinggal Barman, diamankan barang bukti berupa uang palsu senilai Rp 350.000, 1 unit printer merk Epson L350, 2 pack kertas HVS F4 merk Bola Dunia dan 1 lembar uang pecahan Rp 50.000,- asli serta 1 lmbar uang pecahan Rp 20.000,- asli. Saat diintrogasi, didepan petugas salah satu pelaku mengakui perbuatanya.

” Kami cetak uang palsu perbulan sampai dengan 3 jutaan pak, kami sudah satu tahun terakhir cetak uang palsu pak, sudah puluhan juta uang yang kami edar di masyarakat ” ungkap tersangka.

Saat ini Siswanto dan Barman telah diamankan di Rutan Polsek Jebus, guna proses penyidikan lebih lanjut. (Humas Polres Babar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan