PROGRAM BANG MUDA HEMAT APBD 18 MILYAR

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM –Program Bangka Mudah Dapat Akte (BANGMUDA), ternyata dapat menghemat APBD hingga mencapai belasan milyar. Program tersebut juga sudah dipaparkan oleh Bupati Bangka dihadapan enam orang tim penguji di pusat.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Bupati Bangka Ir. H. Tarmizi Saat, dalam sambutannya menutup kegiatan Bangka Expo 2017, di Taman Hiburan Rakyat (THR) Batin Tikal Sungailiat, Minggu (30/04/2017) malam.

“BANGMUDA itu Bangka Mudah Mendapat Akte. Jadi prinsipnya, ketika bayi lahir langsung dapat Akte. Kalau keluarga baru, dapat Akte dan dapat KK. Udah pakai sistem itu” jelasnya.

Dipaparkannya, cara mendapatkan Akte dan KK bagi keluarga baru yaitu, yang akan hamil dan akan menghamili, atau yang sudah hamil, siapkan dulu nama anaknya. Ketika lahir, Bidan akan langsung ketik di komputer atau perangkatnya, kirim secara online ke Dinas DUKCAPIL, langsung dibuat aktenya, nantinya Akte Kelahiran itu akan diantar. Kalau di Sungailiat diantar setiap hari ke Rumah Sakit atau Klinik. Kalau diluar Sungailiat, antara Senin atau Kamis, akan diantar sekalian ngambil berkas.

“Jadi buat dulu aktenya, baru ngambil berkas, satu hari selesai, biasanya enam hari. Ini menghindari adanya calo. Kalau ini berjalan efektif, kita lebih kurang mengirit 18 milyar per tahun. Rinciannya, kita meninggalkan pekerjaan, duit bensin, duit calo, duit makan, duit bolak balik dan segala macem. Kalau sekitar 7000 Akte Kelahiran, 18 milyar kita ngirit. Maka gratis, tidak ada lagi pungutan apapun” tegasnya. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan