Puri Tri Agung akan Gelar Perayaan Ullambana

  • Whatsapp

20160810_153055

KABARBANGKA.COM – Pangkalpinang

Bacaan Lainnya

Tempat peribadatan Puri Tri Agung Sungailiat akan mengelar perayaan Ullambana atau Sembayang Arwah, yang sering disebut sembayang Rebut, pada tanggal 16-18 Agustus 2016 di Puri Tri Agung Sungailiat.

Pada acara tersebut, selain kegiatan peribadatan juga akan dimeriahkan kegiatan festival kuliner khas Bangka serta penampilan artis ibukota, dan untuk semaraknya acara tersebut pihaknya mengundang masyarakat di Kabupaten Bangka untuk menghadiri acara tersebut.

Hal ini dikatakan Ketua Pelaksana perayaan Ullambana, Johanes kepada wartawan di Sungailiat Rabu (10/08/2016).

Ketua Pelaksana perayaan Ullambana, Johanes mengatakan, tempat Puri Tri Agung Sungailiat dalam rangka bulan Agustus bertepatan dengan peringatan 17 Agustus, akan merayakan perayaan Ullambana atau
bulan bakti kepada orang tua,” kita kenal di Bangka dikenal dengan Sembayang Arwah atau sembayang Rebut,

” Dan ini tradisi yang baik, sudah berlkansung lama di daerah ini, untuk kita menjalankan moralitas kita, menjalankan penghormatan kepada orang tua, serta para leluhur yang telah tiada, acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 16-18 Agustus 2016 di tempat peribatan Puri Tri Agung Sungailiat,” ujar Ketua Pelaksana perayaan Ullambana, Johanes.

Pada prosesi peribadatan, sembayang Rebut, dibuatan patung yang disebut dengan “Tai Se Ja” patung yang mencerminkan raja dari segala raja, arwah yang tidak terurus dan nantinya patung tersebut akan dibakar pada puncak acara tersebut.

Ketua Pelaksana perayaan Ullambana, Johanes, untuk perayaan Sembayang Rebut yang kedua kalinya di Puri Tri Agung Sungailiat, Patung “Tai Se Ja” tiga dimensi yang dibuat oleh pematung asal Bangka yang tinggal di Bali. “Kita mengajak masyarakat di Kabupaten Bangka datang menyaksikan acara sembayang rebut dan juga berbagai acara yang akan ditampilkan, pada tanggal 16-18 Agustus 2016 di tempat peribatan Puri Tri Agung Sungailiat nantin” ajak Ketua Pelaksana perayaan Ullambana, Johanes. (Red/Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan