RAYAKAN IMLEK, WARGA REBO GELAR PAWAI BARONGSAI DAN TANJIDOR

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Dalam rangka merayakan Imlek 2568, warga Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat, menggelar Pawai Budaya Kesenian Tanjidor dan Barongsai, Sabtu (28/01/2017) pagi.

Bacaan Lainnya

Kesenian Tanjidor dimainkan oleh Siswa Setia Budi Sungailiat, dan Barongsai dimainkan oleh pemuda Desa Rebo sendiri.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Perayaan Imlek 2568 Desa Rebo, Iwansyah, Sabtu (28/01/2017) pagi, dilokasi kegiatan berlangsung.

“Acara ini dalam rangka Perayaan Imlek, kita cuma ada pawai untuk masyarakat Rebo khususnya, dan seluruh masyarakat yang merayakan (Imlek) pada umumnya. Ini cuma pawai Barongsai dan Kesenian Tradisional Tanjidor, untuk melestarikan budaya yang selama ini hampir terlupakan. Seperti Tanjidor, dulu pada tahun 1960-an dan 1979-an, sudah agak jarang (ditampilkan). Mungkin ada kesenian-kesenian yang dari luar, ini yang harus kita angkat lagi, yang kita harapkan bisa hidup kembali” papar Iwansyah, didampingi Kades Rebo, Fendi SH.

Iwansyah menjelaskan, Kesenian Tanjidor merupakan budaya khas Betawi, yang mengadopsi budaya Chinese.

“Saya sempat ngobrol dengan masyarakat Betawi, bahwa Tanjidor itu kental dengan budaya Chinesenya pak. Jadi bukan dari Betawi ke Chinesenya, tetapi kebudayaan Betawi itu sedikit mengadopsi pengaruh budaya Chinese. Itu sebatas yang kita tau dan kita dapatkan sejarahnya” terangnya.

Ditambahkannya, di Desa Rebo ada salah satu warganya yang tinggal di perantauan, hari ini menggelar Open House dan bagi-bagi angpau untuk masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Fendi SH, Kades Rebo mengatakan, mendukung kegiatan Pawai Budaya dalam rangka Perayaan Imlek Tahun 2568 ini.

“Kami dari Pemerintah Desa Rebo selaku penanggungjawab kegiatan, mendukung sepenuhnya acara Barongsai dan Tanjidor ini” ungkap Fendi.

Dijelaskannya, bahwa kedepan sudah ada wacana untuk terus melestarikan kesenian budaya tersebut.

“Kita ketahui bersama, kadang hari Tahun Imlek terlupakan. Banyak generasi muda yang sudah melupakan, kadang dengan Hari Raya Imlek pun orang lupa. Jadi, kita sebagai generasi muda ini berupaya untuk melestarikan budaya kita.

Terpantau dilokasi kegiatan, meski hujan gerimis terus mengguyur sejak pagi, nampak masyarakat Desa Rebo begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Terlihat 1 unit Mobil Patwal Sat Lantas Polres Bangka dan 1 unit Mobil Patroli Polsek Sungailiat, serta belasan personil juga disiagakan untuk mengamankan berlangsungnya kegiatan Pawai Budaya tersebut. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan