Rehabilitasi Penyalahguna Narkotika Merupakan Perintah Undang-Undang

  • Whatsapp

img20160920112249 img20160920110435

KABARBANGKA.COM — Rehabilitasi terhadap penyalahgunaan Narkotika merupakan perintah Undang-Undang RI Nomor 35 2014 Tentang Narkotika.

Bacaan Lainnya

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Bangka Belitung Kombes Pol Drs, Ardhie Subandri, saat memberikan sambutan pada acara Peresmian Gedung Pelayanan Rehabilitasi NAPZA Propinsi Kepulauan Bangka Belitung di Sungailiat, (20/09/2016) siang.

“Jadi, rehabilitasi terhadap penyalahgunaan Narkotika merupakan perintah Undang-Undang RI Nomor 35 2014 Tentang Narkotika. Program ini merupakan kerjasama antara BNNP Babel dengan pihak Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Propinsi Babel. Yang direhab di RSJD ini, adalah pengguna Narkoba dari seluruh Babel,” terangnya.

Dijelaskannya, saat ini sudah ada 20 orang Resident yang dirawat di RSJD Babel, dan masih ada daftar tunggu sekitar 15-20 orang, 1 diantaranya terindikasi HIV.

” Saat ini sudah ada 20 orang Resident, dan masih ada 15-20 orang yang sudah masuk Daftar Tunggu. Menurut data yang kami terima, 1 diantaranya terindikasi terinfeksi Virus HIV. Ini yang lebih parah! Kami sangat khawatir, para pelaku penyalahgunaan Narkotika yang sudah terinfeksi HIV, akan dimanfaatkan oleh Agen atau Pengedar. Sebab mereka sudah sangat tau, bahwa pengedar yang terinveksi HIV yang ditangkap tidak akan ditahan. Karena tidak ada Lapas manapun yang punya fasilitas untuk tahanan yang mengidap HIV. Jadi akan semakin mereka manfaatkan,” papar Kepala BNNP Babel itu.

Masih menurut Kombes Pol Drs, Ardhie Subandri, penyalahguna Narkotika yang bdirehab di RSJD Babel tersebut memiliki beragam latar belakang. Ada yang Petani, Pekerja TI, hingga Pegawai Pemerintah. Latar belakang pendidikannya juga beragam, ada yang hanya tamatan SD, sampai lulusan sarjana.

“Selama ini penyalahguna Narkoba direhab di Lido (Jabar), atau di Batam, itupun dengan Kuota terbatas. Pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba harus ada sinergi dan kerjasama dari semua pihak”, pungkasnya. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan