Rektor UBB Irup Upacara Bendera HUT ke 71 Kemerdekaan RI

  • Whatsapp

1 2

MERAWANG (UBB) — Suasana khidmat kental terasa pada Upacara Bendera memperingati HUT ke 71 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang berlangsung di Lapangan Parkir Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung (UBB), Balunijuk, Bangka, Rabu (17/08/2016) pagi.

Bacaan Lainnya

Upacara Bendera ini mulai berlangsung pukul 08.00 wib, diikuti sekitar 1.500 peserta dengan Inspektur Upacara (Irup) Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi dan Komandan Upacara Dedi Satriadi (Satpam UBB).

Peserta upacara terdiri dari 1.055 mahasiswa baru tahun Akademik 2016/2017, dosen, tenaga kependidikan dan Satuan Pengamanan (Satpam) UBB. Seluruh peserta upacara telah berada di Kampus Terpadu UBB, Balunijuk, sejak pagi hari. Mereka telah membentuk barisan dengan tertib.

Upacara peringatan hari ulang tahun ke 71 Proklamasi Kemerdekaan RI dilaksanakan oleh seluruh lembaga pendidikan di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). Tahun ini, tema yang diusung Kemenristek Dikti adalah ‘Indonesia Kerja Nyata’.

Suasana ‘proklamasi’ pada Upacara Bendera HUT ke 71 Kemerdekaan RI di UBB memuncah tatkala Sang Saka Merah Putih berkibar ‘anggun’ di atas tiang bendera. Sang Saka yang digerek oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) UBB ini mendapat penghormatan dari 1.500 peserta upacara. Pun diiringi lagu Indonesia Raya oleh Paduan Suara UBB.

Suasana upacara kemudian menjadi hening ketika Irup Dr Ir Muh Yusuf MSi meminta seluruh peserta mengheningkan cipta. Aura upacara kian khidmat manakala diiringi lagu Mengheningkan Cipta yang dibawakan Paduan Suara UBB.

Selanjutnya Irup Muh Yusuf membacakan Pancasila yang diikuti seluruh peserta upacara. Irup kemudian membacakan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Upacara bendera ini berakhir pukul 09.00, yang ditandai dengan pembacaan doa pada pukul 09.00 wib.

Upacara bendera HUT ke 71 Kemerdekaan RI ini telah dipersiapkan selama sepekan. Riadus Solihin, salah seorang Panitia Persiapan Upacara Bendera HUT ke 71 Kemerdekaan RI di UBB, menjelaskan upacara bendera ini melibatkan seluruh mahasiswa baru, dosen, tenaga kependidikan, Satpam dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) PMI, UKM Pramuka dan UKM Paduan Suara UBB.

“Karena UBB memiliki lima fakultas dan 18 program studi, maka kami panitia telah menyebarkan undangan mengikuti upacara bendera ini sejak jauh-jauh hari. Kami merasa senang karena seluruh prosesi upacara bendera berlangsung lancar dan khidmat,” ujar Solihin.

Dikemukakan, tiga mahasiswa yang tergabung dalam Paskibraka UBB masing-masing adalah Abdul Rahman (Fakultas Ekonomi), Daumatul Khoiriyah (Fisip) dan Rian Andika (Fakultas Ekonomi).

Upacara bendera memperingati HUT ke 71 Kemerdekaan RI diikuti seluruh pimpinan universitas, fakultas, unit pelaksana teknis, biro dan lembaga di lingkungan UBB. Sebelum upacara bendera dimulai seluruh peserta diwajibkan mengisi daftar hadir (Eddy Jajang J Atmaja, Aris Dwi, Ridho Harpani).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan