Resmob Polres Magetan Ringkus Tiga Pembobol ATM

  • Whatsapp

MAGETAN — Reserse Mobil Polres Magetan berhasil meringkus tiga tersangka pembobol ATM lintas Provinsi. Ketiga tersangka yang berhasil diringkus tersebut ia lah, Jumadi. Sunandar dan Diyah Rosiya Fitriani.

“Penangkapan ketiga tersangka ini bermula dari Unit Resmob mendapat laporan Anik Munawaroh, yang melaporkan bahwa dirinya telah menjadi korban pencurian ATM beserta saldo didalamnya sebesar Rp 1.900.000 Rupiah. Setelah mendapat laparon tersebut kami langsung melakukan penyelidikan dan penangkapan, ketiganya ditangkap secara bersamaan usai melakukan aksi pencurian di salah satu ATM,” ujar Kasat Reskrim Polres Magetan, AKP. Ryan Wira Raja Pratama, seizin Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana, Jum’at (26/06/2020).

Dilanjutkan AKP Ryan, ketiga tersangka ini melakukan pencurian ATM beserta saldonya, dengan cara memasang alat berupa 1 batang korek yang dijepit dengan 2 buah kartu ATM ke dalam mulut mesin ATM. Dalam aksinya para pelaku ini berbagi tugas, dan modus pencurian yang mereka lakukan dengan mengganjal mulut mesin ATM menggunakan batang korek api.

“Ketiga tersangka ini punya peran dan tugas masing – masing, Jumadi bertugas mengganjal mulut ATM, setelah ATM terganjal dia kembali kedalam mobil menunggu calon korban, lalu apabila ada nasabah yang hendak menggunakan mesin ATM tersebut, kemudian Sunandar keluar dari mobil pura – pura mengantre di luar mesin ATM. Setelah terjadi trouble kemudian pelaku ini masuk untuk membantu dengan cara menyuruh korban mengetik Pin ATMnya, saat korban mengetik Pin ATM, tersangka tadi melihat dan menghafalkan Pin ATM korban, lalu menyuruh korban untuk melaporkan ke Bank,” terangnya panjang lebar.

Lanjutnya, setelah korban pergi meninggalkan mesin ATM, lalu tersangka lainnya kembali masuk ke ruang ATM dan mengambil kartu ATM milik korban dengan cara dicongkel menggunakan gergaji kecil.

“Setelah memperoleh kartu ATM, kemudian ketiga tersangka ini pergi menuju mesin ATM lain untuk mengambil uang dari kartu ATM tersebut, pengambilan uang dilakulan oleh Diyah Rosita Fitriani,”tururnya

Masih kata AKP Ryan, saat ini para pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Mapolres Magetan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Dari tiga tersangka ini, kita amanakan barang bukti berupa 1 buah gergaji besi kecil. 2 buah Handphone nokia. 2 bungkus korek kayu. 1 kartu ATM Bank Jatim milik korban atas nama Anik Munawaroh. 1 kartu ATM BRI yang digunakan untuk menerima transferan uang dari ATM korban. 4 buah ATM Mandiri yang digunakan untuk mengganjal mulut mesin ATM, selembar masker kain, Uang tunai sebesar Rp 1.200.000 Rupiah, 2 potong baju dan celana panjang, serta 1 unit mobil Hyundai Avega warna putih Nopol B 1361 SZG beserta STNK,” pungkasnya. (*)


Reporter : Hari Yana || Editor : Romlan

Pos terkait