RIMBE MAMBANG DALIL TETAP MENJADI HUTAN RAYA

  • Whatsapp

dsc_0342 dsc_0346

KABARBANGKA.COM — Bupati Bangka Tarmizi Saat memastikan pembangunan Rimbe Mambang di desa Dalil, Kecamatan Bakam tetap dilanjutkan hingga terwujud menjadi hutan raya.

Bacaan Lainnya

Hal itu dikatakan Bupati Tarmizi Saat, Rabu (28/10) ketika melakukan pertemuan dengan warga desa Dalil yang mendukung pembangunan Rimbe Mambang menjadi hutan raya, kendati ada kubu masyarakat setempat yang pro dan kontra.

Pembangunan Hutan Raya Rimbe Mambang akan terus berlanjut karena Pemerintah Kabupaten Bangka sudah menjalin kerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI ).

Bupati menegaskan dalam mengelola hutan raya nantinya akan diserahkan sepenuhnya kepada warga desa Dalil, melalui Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES ).

“ Saya bersedia membuat perjanjian bahwa Rimbe Mambang tetap milik masyarakat Dalil, tidak ada keinginan Pemkab Bangka untuk mengambil alih seperti yang diduga warga yang kontra terhadap pembangunan Rimbe Mambang menjadi hutan raya,” tandas Bupati.

Kesempatan itu Bupati juga menyampaikan bakal adanya bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) yang akan memberikan bantuan kepada 5 desa di wilayah kecamatan Bakam.

Lima desa tersebut meliputi Mangka, Dalil, Bukit Layang, Tiang Tara dan Mabat yang akan mendapatkan bantuan untuk pembangunan bidang pertanian dan pariwisata.

Menurut Kabag Humas, PDE dan Santel Setda Bangka Boy Yandra, bantuan yang diberikan Kementerian Desa hanya Kabupaten Bangka untuk kabupaten kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“ Kabupaten Bangka sudah siap karena sudah memiliki Peraturan Bupati nomor 4 tahun 2014 tentang pembangunan kawasan pedesaan,” jelas Boy.

Diharapkannya 5 desa yang akan mendapatkan kucuran bantuan dari Kementerian Desa untuk membuat rencana pembangunan kawasan pedesaan 5 tahun.

Dikatakannya, kucuran bantuan diantaranya untuk desa Dalil juga akan lebih mempercepat desa Dalil dalam pembangunan bidang pariwisata, khususnya adanya pembangunan Rimbe Mambang menjadi huta raya.

Pertemuan Bupati Bangka dengan masyarakat desa Dalil dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Bangka Drs. Arman, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Hj Mina Tarmizi, Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Bangka, Kepala Desa Dalil dan tokoh masyarakat setempat. (Rus/Humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan