Sekda Akui Predikat Terburuk dan Terendah Pemkot Terpaut Masalah Data

  • Whatsapp

KABARBANGKA. COM—¬†Berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2016 oleh Kementriam Dalam Negeria, Pemerintah Kota Pangkalpinang mendapat predikat terburuk atau terendah dalam kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Ratmida Dawan saat ditemui dikantor DPRD usai mengikuti rapat paripurna mengatakan penilaian tersebut bukan berkaitan dengan masalah program ataupun pelaksanaan kegiatan, tapi berkaitan dengan data.

Bacaan Lainnya

“Penilaian tersebut bukan berkitan dengan masalah program dan bukan berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan, namun berkaitan dengan data yang tidak miliki oleh setiap OPD saat diminta oleh BPKP untuk penilaian tersebut. Jadi hal ini hanya masalah miskomunkasi saja,” ungkapnya.

Kemudian Ratmida mengungkapkan akan melakukan koordinasi dan akan memanggil semua OPD, bahwa pentingnya data yang harus dimiliki oleh setiap OPD. Jadi data setiap kegiatan sesuai dengan tupoksinya harus mempunyai data yang update, dan setiap tahun data itu harus diupdate.

“Kita minta kepada setiap OPD untuk selalu mengupdate data setiap kegiatan. Kebetulan BPKP meminta data tahun 2016. Sementara kita tidak punya data tersebut mengingat kepala OPT kita saat ini masih baru. Namun Permasalahannya pada OPT yang lama, yang tidak menyiapkan data tersebut,” ujarnya.

“Sebenarnya penilaian ini setiap tahun dilakukan, namun standar penilaian itu setiap tahunnya kan juga meningkat. Tahun depan kita meminta bantuan kemendagri sendiri, kita akan minta untuk menjadi nasumber untuk menyampaikan kepada OPDd-OPD terkait demgan permasalahan tersebut,” pungkasnya.(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan