SEKDA: “TIDAK ADA LAGI PUNGLI DIPASAR”

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Wacana Pemkab Bangka untuk memberantas Pungutan Liar (Pungli) yang diduga dilakukan oleh oknum tertentu di Pasar Kenanga, Kecamatan Sungailiat, nampak mulai direalisasikan.

Bacaan Lainnya

Sekda Bangka H. Fery Insani, didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perdagangan, Dan Industri, Asep Setiawan, serta Kabag Humas Boy Yandra, mensosialisasikan besaran Tarif Retribusi Pasar yang akan dikenakan kepada para pedagang di Pasar Kenanga, Sabtu (18/02/2017) pagi.

“Untuk memberantas dan mencegah Pungli, kita dari Pemkab Bangka melalui Dinas Tenaga Kerja, Perdagangan Dan Industri, telah menetapkan Retribusi Pasar sebesar Rp 7.000/hari. Pungutan itu sudah termasuk biaya Air, Listrik, Kebersihan dan Keamanan. Tidak ada lagi pungutan selain Retribusi itu” urai H. Fery Insani.

Rencananya, ketentuan Retribusi Pasar itu mulai diberlakukan pada hari Kamis pekan depan. Untuk itu, Sekda berharap pedagang tidak membayar iuran atau pungutan apapun, apabila ada oknum tertentu yang masih mengambil pungutan diluar yang sudah ditetapkan.

“Jadi mulai hari Kamis depan, kita akan berlakukan Retribusi Pasar yang Rp 7.000/hari itu, ya? Kalau masih ada oknum yang mengambil pungutan diluar ketentuan Retribusi itu, jangan dibayar. Bilang aja, bahwa Retribusi Pasar sudah diatur oleh Pemda” tegasnya.

Usai mensosialisasikan Tarif Retribusi Pasar, kepada wartawan H. Fery Insani menegaskan, akan memberhentikan Pekerja Harian Lepas (PHL) yang akan diperbantukan di Pasar Kenanga, apabila ada laporan melakukan Pungli.

“Mereka yang selama ini mengambil pungutan Air, Listrik, Kebersihan dan Keamanan, akan kita rekrut jadi PHL Pemkab Bangka, nanti honornya dari Pemda. Nah, apabila para PHL itu kedapatan melakukan Pungli, itu tidak ada lagi SP 1 atau SP 2, akan langsung diberhentikan. Saya tegaskan, langsung diberhentikan” terangnya.

Lanjut Sekda, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi Anti Pungli disetiap Pasar yang ada di Kabupaten Bangka. Rabu pekan, sosialisasi serupa akan dilakukan di Pasar Belinyu. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan