SETIAP SABTU, PERWIRA POLAIR CEK KAPAL PATROLI

  • Whatsapp

img-20161031-00036

KABARBANGKA.COM — Hampir setiap hari Sabtu, sejumlah perwira di Direktorat Polisi Perairan (DITPOLAIR) Polda Babel melakukan pengecekan kondisi Kapal Patroli dan dan anggotanya.

Bacaan Lainnya

Dan setiap Kapal Patroli DITPOLAIR Polda Babel, diawasi oleh Perwira yang bertanggung jawab untuk melaksanakan Pengawasan, Pengendalian (WASDAL), dan Pembinaan terhadap operasional Kapal Patroli, supaya efektif dan efisien.

Kabar tersebut disampaikan oleh Direktur Polisi Perairan (DIRPOLAIR) Polda Babel, KOMBES POL Lukas Gunawan diruang kerjanya, Senin (31/10/2016) siang.

“Saya setiap hari Sabtu, cek ke Kapal Patroli, kadang saya langsung ajak anggota yang ada di kapal untuk melaksanakan Patroli”, ungkap Alumni AKPOL 1991 tersebut, seraya menunjukkan dokumentasi kegiatan Patroli Rurin anggota DITPOLAIR di Handphone miliknya.

Dan kini, kebijakannya tersebut sudah diperluas lagi. Setiap Kapal Patroli ditugaskan 1 orang perwira, untuk melaksanakan Pengendalian Dan Pengawasan terhadap operasional Kapal Patroli tersebut.

“Kalo sekarang sudah diperluas, kegiatan itu tidak hanya dilaksanakan pada hari Sabtu saja, tapi bisa kapan saja. Jadi, setiap Kapal Patroli ditugaskan 1 orang perwira yang akan melakukan Wasdal, pengecekan terhadap Kapal Patroli, juga pembinaan terhadap anggota yang ada dikapal, sekalian mengajak anggota melaksanakan kegiatan Patroli Rutin. Para perwira itu juga bisa minta masukan dari anggota, terutama kondisi kapal dan operasional seperti apa? Kondisi dilapangan seperti apa? Nanti, hasilnya akan dievaluasi”, jelasnya.

KOMBES POL Lukas Gunawan menambahkan, bahwa kegiatan Patroli Rutin harus Tepat Sasaran, Efektif dan Efesian, supaya operasional Kapal Patroli tidak sia-sia. Oleh karena itu, harus punya Database tentang daerah dan jam rawannya.

“Kita punya Alutsista 13 unit, jadi setiap kapal yang bergerak harus ada kontribusinya. Supaya kegiatan Patroli Rutin itu tidak sia-sia, maka harus punya Database tentang kondisi daerah dan jam rawan didaerah tersebut. Karena pelaku tindak pidana akan mengintai kesempatan, disaat petugas tidak bisa hadir. Oleh karena itu, kegiatan Kapal Patroli harus tepat sasaran, efektif dan efisian” papar Pamen dengan Melati Tiga dipundak itu. (Gus/Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan