SETOR BPHTB PRONA DISKON 75 PERSEN

  • Whatsapp

 

Bacaan Lainnya

KABARBANGKA.COM –Memudahkan pemohon serifikat tanah melalui sistem Prona bagi  masyarakat kurang mampu, Pemkab Bangka memberikan keringanan diskon 75 persen dari nilai hutang BPHTB.

Demikian diungkapkan Kabid PBB dan BPHTB Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kabupaten Bangka,Baharudin ketika ditemui KABARBANGKA.COM, Senin siang (27/3/17)

Menurutnya, pelunasan terhadap hutang BPHTB wajib dilunasi untuk memperoleh sertifikat tanah melalui sistem Prona.

“Kalau sertifikat sistem prona dari BPN tidak dipungut biaya maka pihak pemda juga memberikan keringanan berupa 75 persen pemotongan nilai setoran BPHTB,”ungkapnya.

Selain 75% pemotongan nilai setoran BPHTB, perhitungan nilai setor BPHTB juga tergolong kecil.Seperti halnya NJOP minimal Rp.60 juta maka dibawah itu tidak dikenakan setoran BPHTB.

“Kita contohkan kalau tanah dan bangunan si pemohon prona nilai NJOP nya Rp.75 juta maka hitungannya 75-60 jt=15 jt ×5% lalu dipotong 75 % hasilnya kan sedikit,”urainya.

Untuk proses pembayaran, kata Baharudin terlebih dahulu harus diverifikasi di kantor BP2RD untuk mendapatkan jumlah nominal yang harus dibayarkan baru kemudian ke Bank Sumsel Babel untuk melakukan transaksi.

“Pemilik atau ahli waris yang bersangkutan yang harus datang ke kantor untuk mendapatkan hasil perhitungan BPHTB dan melunasinya di Bank Sumsel Babel.Kemudian bukti setoran BPHTB dari bank itu yang dilampirkan untuk mendapatkan sertifikat sistem prona,”urainya panjang lebar.

Disinggung soal data pelunasan BPHTB bagi pemohon sertifikat sistem prona tahun 2016 silam,Baharudin mengaku belum tahu karena harus mengecek dulu rekapan dokumen data tersebut.

“Belum tahu soalnya harus dicek dulu rekapannya,”pungkasnya.(Rml)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan