Staf Ahli Gubernur Babel Ajak DKP Bangun Daerah Pesisir dan Pulau – Pulau Kecil

  • Whatsapp

1_34

KABARBANGKA.COM — Staf Ahli Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengundang Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk melakukan rapat koordinasi dalam rangka pembangunan daerah pesisir dan pulau – pulau kecil, Rabu (16-11-2016) di ruang kerja Staf Ahli Gubernur, Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Air Itam Pangkalpinang.

Bacaan Lainnya

Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup, KA Tajudin mengawali sambutannya mengungkapkan pihaknya perlu menghimpun data – data dan informasi yang akurat dari dinas terkait utamanya dari dinas DKP Pemprov Babel untuk percepatan pembangunan daerah pesisir dan pulau – pulau kecil yang ada di Bangka Belitung sebagai telaah dan masukan kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Terkait dengan pembangunan daerah pesisir dan pulau pulau kecil, dikatakan H.K.A Cholil Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan Daerah bahwa dirinya juga mendapat masukan dari masyarakat terutama berkaitan dengan kesejahteraan dan akses masyarakat untuk memperoleh pendidikan, kesehatan dan rumah tinggal.

Untuk itu Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Syahrudin mengingatkan pentingnya Blue Print atau cetak biru perencanaan strategis DKP Pemprov Babel, penentuan zonasi wilayah serta penamaan pulau – pulau

Sementara itu terkait dengan upaya percepatan pembangunan wilayah pesisir, Staf Ahli Gubernur Bidang Pertambangan dan Energi, H. Marwan menekankan hal ini perlu dukung dengan program industri kelautan, permodalan, pengolahan hingga pemasaran hasil kelautan.

Dikesempatan lain, Saidina Sekretaris DKP mengungkapkan pembangunan daerah pesisir dan pulau – pulau terpencil sudah terprogram dari tupoksi masing – masing bidang yang menjalankan program untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, antara lain pemberian bantuan, bersama instansi terkait DKP juga telah mendorong masyarakat untuk mendirikan koperasi nelayan, layanan kesehatan dan pendidikan.

Untuk zonasi, menurut Saidina Perda Zonasi Wilayah Kelautan Bangka Belitung sudah digodok di tahun 2016 ini dan haparannya di Bulan Mei 2017 sudah selesai dengan arahan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Sebagai Moderator KA Tajudin sebelum mengakhiri rapat membacakan sejumlah rumusan untuk ditindaklanjuti bersama antara lain pembentukan tim percepatan pembangunan pulau – pulau kecil sehingga perhatian terhadap pulau – pulau kecil ini dapat ditindaklanjuti.

Selain itu pembangunan wilayah kepulauan menurut Tajudin harus dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan tidak secara sektoral, pembaharuan data – data yang akurat untuk menentukan perencanaan dan program kedepan termasuk zonasi wilayah laut Babel, pengamanan wilayah kelautan dan perlindungan aktivitas para nelayan dan program – program bantuan kepada nelayan di pulau – pulau kecil.

“Kiranya hasil rapat ini nanti kami formulasikan dalam usulan dan masukan bagi Bapak Gubernur untuk ditindaklanjuti dalam program pembangunan, “ tutup Tajudin.

Dalam rapat tersebut hadir sejumlah Staf Ahli Gubenur antara lain Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup, KA Tajudin, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan Daerah, H. K.A. Cholil SPd MSi, Staf Ahli Gubernur Bidang Pertambangan dan Energi, H. Marwan, Sag serta Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Ir H. Syahrudin MSi.

Sedangkan dari DKP diwakili oleh Sekretaris Dinas, Saidina serta mengikutsertakan Bidang Kelautan dan Pengawasan, M. Sobirin dan Bima Wahyudi.(Lulus/humasprobabel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan