SUNGAILIAT TRIATHLON 2017 TANPA IZIN KERAMAIAN

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Perhelatan event tahunan Sungailiat Triathlon 2017, yang digelar Sabtu (22/04/2017) hingga Minggu (23/04/2017), dikabarkan tidak mengantongi Izin Keramaian secara sah dari pihak kepolisian.

Bacaan Lainnya

Demikian disampaikan Kapolda Babel BRIGJEN POL Drs, Anton Wahono, melalui Kabid Humas AKBP Abdul Mun’im kepada wartawan, Sabtu (22/04/2017).

“Benar Polda belum memberi rekomendasi ijin, karena panitia baru menyerahkan permohonan ijin kemrin jum’at 21 April 2017,” ungkap Abdul Mun’im via Aplikasi WhatsAppa massenger kepada kabarbangka.com.

Dijelaskannya, pemberian izin keramaian dengan peserta dari warga negara asing, dan kegiatan yang menghadirkan massa di atas 1000 orang, maka kewenangan ada di Mabes Polri.

“Yang berwenang memberikan ijin keramaian dengan peserta warga asing, yang menghadirkan massa lebih dari 1000 orang, ini dari Mabes Polri. Polda hanya memberikan rekomendasi saja. Ijinnya tetap dari Mabes Polri,” jelasnya.

Namun menurutnya lagi, sampai sekarang pihak Polda Babel juga belum memberikan rekomendasi ke pihak Panitia Sungailiat Triathlon, lantaran permohonan perizinan yang diajukan pihak panitia Sungailiat Triathlon baru masuk kemarin.

“Karena permohonan mendadak kemarin Jumat 21 April, padahal Acara 22 April, kenapa baru kemarin Jumat 21 April ajukan ijin yang giatnya Sabtu 22 April? Giat begini kan sudah setiap tahun dilaksanakan, dan sudah berjalan selama 4 tahun, panitia gak siap. Polri tidak akan menghambat memberi ijin, dengan syarat harus sesuai ketentuan pengajuan permohonan ijin. Seharusnya minimal 7 hari sebelum giat, sudah ajukan ijin. Bukan kayak gini. Acara 22 April 2017 dengan peserta dari asing, kok pengajuan baru Jumat 21 April kemarin diterima Polda? Polri sejak dulu sudah sering berikan sosialisasi permohonan ijin. Dan masyarakat Babel pun sudah tahu. Harusnya panitia berikan contoh yang baik kepada masyarakat. Apabila adakan keramaian, segera ajukan permohonan ijin ke Kepolisian 7 hari sebelum giat dimulai.” ulasnya.

Disinggung terkait full back up personil Polres Bangka di lokasi acara Sungailiat Triathlon, dia katakan bertujuan untuk pemantauan, sehingga tidak terhadi gangguan Kamtibmas.

“Kalaupun belum ada ijin dari Mabes, Polri tetap pantau giat tersebut supaya tidak ada gangguan Kamtibmas, seperti macet, laka dan kriminalitas lainnya. Itu salahnya panitia,” pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dan keterangan resmi dari pihak berwenang, terkait tidak adanya Izin Keramaian Kegiatan Sungailiat Triathlon 2017 tersebut. (Rml)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan