SUSAHNYA DAPATKAN INFOMASI TERKAIT PUTUSAN PERKARA TIMAH BALOK H KAMIT

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Masih ingat kasus perkara pengungkapan bunker balok timah di kawasan Pancor Pangkalbalam oleh tim buser Polres Pangkalpinang?

Bacaan Lainnya

Kasus yang menjerat H. Kamit selaku pemilik balok timah sebanyak 70 balok sebagai tersangka berikut sopir truck bernama Tarmizi. Kabarnya perkara kasus ini sudah divonis oleh majelis hakim PN Pangkal pinang beberapa waktu lalu. Menurut kabar yang beredar, terdakwa hanya dihukum satu bulan 13 hari saja, dari tuntutan JPU selama dua bulan penjara.

Tapi sayangnya, kabar tersebut belum bisa dikonfirmasi keabsahannya, lantaran humas PN Pangkalpinang, Maju Purba terkesan berkelit ketika hendak dikonfirmasi.

“Kasus yang mana, ya? oh, perkara kasusnya H. Kamit, ya? Sebentar ya, nanti kami cari dulu berkasnya,” kata Maju Purba ketika ditemui di PN Pangkalpinang, Rabu (6/9/2017).

Demikian juga dengan para jaksa penuntut umum (JPU) perkara balok timah tersebut. Mulai dari kasi pidum Kejari Pangkalpinang, Raden Isjunianto berdalih kalau perkara itu ditangani langsung oleh JPU-nya, Samhori.

“Jaksa Samhori yang nangani perkara itu. Coba tanya langsung ke jaksa Samhori,” ucapnya singkat.

Tak jauh beda dengan Raden Isjunianto, Samhori juga ternyata tidak bersedia memberikan penjelasan terkait putusan perkara kasus timah balok itu.

“Memang saya JPU-nya, tapi kan ada JPUP-nya, yaitu jaksa Fandy. Nah, dia yang lebih tau terkait tuntutan dan pertimbangan jaksa waktu itu. Coba tanya ke dia (Fandy, red),” kata Samhori ketika dikonfirmasi terkait tuntutan jaksa terhadap H. Kamit di Kejari Pangkalpinang.

Jaksa Fandy sendiri, saat ini bertugas di sebagai Kasi Pidsus Kejari Bangka, setelah resmi dilantik Rabu (6/9/2017) kemarin.

Sulitnya mendapatkan informasi terkait putusan dan tututan perkara timah balok tersebut, terkesan ada usaha dari pihak pihak tertentu untuk menutupi informasi tersebut, agar tidak terespos ke publik. Persoalannya, bisa jadi lantaran tuntutan dan putusan perkara itu yang dinilai publik terlalu rendah.

“Ada apa ini, hakim dan jaksa kok tidak mau terus terang memberikan informasi terkait putusan dan tuntutan terhadap terdakwa H. Kamit dan Tarmizi? Kalau memang putusannya 1 bulan, ya, bilang aja 1 bulan. Gitu aja kok repot,” seloroh Robi salah satu wartawan nasional.

Seperti diketahui sebelumnya, tim gabungan dari Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Pangkalbalam bersama Satuan Reserse Kriminal Polres Pangkalpinang berhasil menggerebek Bunker atau penyimpanan bawah tanah tempat menyembunyikan puluhan balok timah ilegeal, Senin (08/05/2017) pagi di Kelurahan Lontong Pancur, Kecamatan Pangkal Balam, Kota Pangkalpinang.

Pengungkapan bunker balok Timah ini dipimpin langsung oleh AKP M. Saleh bersama Kapolsekwas Pelabuhan Pangkal Balam, AKP Faris Budiman.

” Pengungkapan bunker balok timah ini berawal dari informasi yang terima tim gabungan bahwa adanya satu mobil yang di curigai mengangkut . Setelah itu tim langsung mengikuti mobil tersebut dan menuju ke arah rumah H. Kamit yang berada di Kelurahan Lontong Lancur, kemudian saat itulah supirnya kita amankan, ” ungkap Kabag Ops Polres Pangkalpinang, Kompol Raspandi.

Lanjut Raspandi, kemudian setelah tiba di rumah polisi langsung melakukan penggeledahan dan akhirnya ditemukanlah puluhan balok timah berbagai bentuk yang tersimpan di bunker bawah tanah.

” Setelah dilakukan penggeladahan petugas menemukan sekitar 70 balok timah berbagai bentuk tersimpan di dalam bunker, ” imbuhnya.

Selanjutnya dirinya menyebutkan untuk barang bukti yang berhasil diamankan berupa puluhan balok timah dan satu unit mobil SUZUKI ERTIGA. (Rml)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan