Ternyata Cangkang Sawit Itu Milik PT BAS

  • Whatsapp

* Akan Dieksport Ke Jepang

BANGKA — Cangkang sawit yang berserakan di sepanjang Jalan Gajah Mada, Belinyu, ternyata milik PT Budi Abdi Sejahtera atau PT BAS, yang ada di Dusun Kumpai, Kecamatan Belinyu. Cangkang sawit itu rencananya akan dieksport ke Jepang, melalui Pelabuhan Tanjung Gudang.

Staf Bongkar Muat PT Pelabuan Tanjung Priok di Belinyu, Faisal, membenarkan Cangkang Sawit ini nantinya akan di ekspor ke Jepang menggunakan tongkang, yang pada saat itu sedang mengisi muatan.

” Iya, betul, ada pengirman cangkang sawit melalui Pelabuhan Belinyu. Infonya akan dikirimkan ke Jepang,” ungkap Faisal melalui via telepon selularnya, Sabtu (1/8) malam.

Faisal juga mengaku bahwa cangkang sawit itu milik PT BAS.

” Iya, jadi Cangkang Sawit itu milik PT Bangka Abadi Sejahtera atau BAS,” kata Faisal.

Sementara pihak PT BAS yang pada saat itu melalui Yudi Irvan, selaku koordinator membenarkan pihaknya akan mengekspor cangkang sawit itu sebanyak 10 Ribu Ton k3 Jepang.

” Iya Pak, betul sekali. Kalau kontraknya itu kami mengirimkan 10 ribu ton cangkang sawit itu ke Jepang, Insya Allah Senin sore kapalnya,” ujarnya.

Yudi mengakui, bahwa cangkang sawit itu didapatkan dari beberapa pabrik pengolahan CPO.

” Jadi ada beberapa pabrik yang mengirimkan materialnya. Tapi untuk pabriknya saya belum membaca kontrak-kontraknya sama pabrik-pabrik,” kata dia.

Terkait tumpahan cangkang sawit di sekitar Jalan Gajah Mada, Belinyu, Yudi Irvan menyatakan, pihaknya akan segera melakukan pembersihan terhadap tumpahan cangkang sawit yang berhamburan di sepanjang jalan tersebut.

” Terima kasih Informasinya, akan segera kami bersihkan,” kata Yudi Sabtu (1/8) malam.

Terpisah, Gubernur Erzaldi juga membenarkan adanya ekspor tersebut.

” Aok (iya),” singkatnya. (*)


Reporter : Randhu Oktora || Editor : Romlan

Pos terkait