Tinjau Program Ketahanan Polsek Jebus, Kapolda Dan Gubernur Tanam Bibit Durian Unggul

  • Whatsapp

BANGKA BARAT — Kapolda Bangka Belitung, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, mendampingi Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, menininjau Taman Pangan Terpadu Polsek Jebus, Sabtu (27/6).

Selain Kapolda dan Gubernur, nampakhadir Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah, pejabat utama Polda babel dan Polres Babar.

Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan Polri untuk meningkatkan ketahanan pangan, yang dikembangkan dilahan 2,5 hektar, dengan ditanami sayuran seperti cabe, sawi, terong dan taman keras seperti durian.

Dalam kesempatan tersebut rombongan Gubernur dan Kapolda juga melakukan peninjauan perikanan budidaya ikan lele dan ikan nila. Kamudian untuk peternakan ada unggas yang dimana produksi telurnya tetap lancar, dan sapi serta madu kelulut.

Menurut AKBP Fedriansah, peninjauan tersebut merupakan pengecekan program Polri Peduli Ketahanan Pangan. Polsek Jebus punya Taman Pangan Terpadu mengintegrasikan pertanian, perikanan dan peternakan dalam satu tempat.

Pada kesempatan itu, Kapolda Babel dan Kapolres Bangka Barat juga mendampingi Gubernur Babel menanam bibit Durian Unggul, di Taman Pangan Terpadu Polsek Jebus.

“Dalam kegiatan ini, Gubernur Bangka Belitung melakukan penanaman bibit Durian Unggul, yang biasa disebut Durian Montong,” jelas AKBP Fedriansah.

Selain itu juga juga dilakukan memberikan makan ikan ditambak, meninjau, ternak bebek, ternak sapi, kolam ikan, budidaya sayur hidroponik dan ternak madu kelulut.

“Wilayah pengembangan di Polsek Jebus merupakan upaya menunjang ketahanan pangan yang telah dilaksanakan masyarakat dan itu perlu dibina dan diarahkan agar terus berkembang,” bebernya.

Kapolres Bangka Barat mengatakan kegiatan ini harus dilakukan dengan masyarakat kelompok tani setempat.

“Termasuk bekerjasama dengan masyakarat kelompok tani yang ada, dalam mewujudkan kegiatan ketahanan pangan ini,” kata dia.

Untuk itu, diharapkan para Bhabinkamtibmas menjadi pelopor dalam pemanfaatan lahan tidur, atau lahan kelompok tani yang belum produktif, menjadi lahan produktif bagi masyarakat. (*)


Editor : Romlan || Sumber : Humas Polres Babar

Pos terkait