Usai Libur Lebaran, Sekda Tidak Menemukan Pegawai Yang Bolos

  • Whatsapp
Penjabat Sekda Bangka Sidak pegawai usai libur lebaran

KABARBANGKA.COM, BANGKA — Pegawai di lingkungan Pemkab Bangka diketahui sebagian besarsudah masuk kerja, setelah liburan cuti bersama lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah. Demikian hasil sidak yang dilakukan 7 tim, Kamis ( 21/6) di OPD di ingkungan Pemkab Bangka, meliputi Badan, Dinas, Kantor hingga Kecamatan dan Kelurahan.

Tim 1 yang dipimpin Penjabat Sekda Bangka, Akhmad Mukhsin, melakukan pemantauan di Sekretariat DPRD Kabupaten Bangka, Dinas Pariwisata, Kepemudaan Dan Olahraga Kabupaten Bangka, Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Kabupaten Bangka, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka, Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Bangka dan RSUD Depati Bahrin Sungailiat, tidak menemukan pegawai yang bolos.

Bacaan Lainnya

Akhmad Mukhsin menjelaskan, hasil sidak yang dilakukan sebagian besar pegawai di OPD masuk setelah libur Idul Fitri, terdapat beberapa pegawai yang tidak masuk, namun ada keterangan diantaranya mengambil hak cuti.

“ Kalau cuti itu hak pegawai, jadi tidak ada masalah, karena jelas ketentuannya dan bisa diambil satu kali dalam satu tahun,” jelasnya.

Terdapat pula pegawai yang ditemukan tidak masuk karena sakit, namun ada keterangan dari dokter bahwa yang bersangkutan sakit.

Menurut Mukhsin, bila ditemukan pegawai yang bolos atau tanpa keterangan, akan diberikan sanksi sesuai ketentuan disiplin pegawai, yang akan diberikan kepala OPD yang bersangkutan di mulai dari peringatan lisan, tertulis hingga sanksi berat kepada pegawai yang bersangkutan.

“ Dalam menjatuhkan sanksi kepada pegawai yang melanggar disiplin ada tingkatannya, dari sanksi ringan, sedang hingga berat,” ujarnya.

Mukhsin menilai tingkat disiplin pegawai di lingkungan Pemkab Bangka sudah baik, terutama dalam mentaati aturan disiplin bekerja khususnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu juga ditunjukkan sejumlah unit pelayanan selama libur lebaran tetap memberikan pelayanan diantaranya di RSUD Depati Bahrin Sungailiat dan unit pelayanan lainnya. Setelah libur lebaran pada hari pertama Dinas Dukcapil Kabupaten Bangka juga langsung memberikan pelayanan dalam pembuatan dokumen kependudukan diantaranya KTP elektronik, akte kelahiran dan lain – lain.

Sidak yang dilakukan Sekda Bangka bersama anggota tim dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kabupaten Bangka dimulai dari Sekretariat DPRD Kabupaten Bangka dan berakhir di RSUD Sungailiat.

Sementara itu sebelumnya pada hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran , usai apel pagi para pegawai di lingkungan Pemkab Bangka memanfaatkan momentum tersebut untuk menyampaikan ucapan Idul Fitri dan saling memaafkan, seperti yang dilakukan Pegawai di Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka.

Kesempatan itu Sekda Bangka Akhmad Mukhsin sebagai pemimpin apel pagi, menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri kepada para pegawai serta menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin.

Diharapkannya para pegawai setelah puasa Ramdhan dan Idul Fitri untuk meningkatkan semangat bekerja serta amanah dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Pejabat di Setda Bangka meliputi Sekda, Asisten Setda, Staf Ahli Bupati dan para Kepala Bagian membaur bersama para pegawai setelah apel pagi membuat barisan panjang saling bersalam – salaman menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin. (**)

Sumber : Humas Pemkab Bangka

Pos terkait

Tinggalkan Balasan