Wabup Bangka Buka Lomba Berzanji Dan Marhaban

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Wakil Bupati Bangka Rustamsyah membuka lomba berzanji dan Marhaban se Kabupaten Bangka, Rabu (26/4) di halaman Masjid Agung Sungailiat.

Bacaan Lainnya

Lomba diselenggarakan dalam rangka memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dan Hari Ulang Tahun kota Sungailiat ke 251.

Wakil Bupati Bangka Rustamsyah mengatakan, Berzanji dan Marhaban merupakan lantunan syair Islami yang harus dilestarikan.

Menurutnya, syair Islami itu sebaiknya dilantunkan ibu – ibu kepada anak – anak sejak masih usia dini.

“ Sejak usia 1 hari bayi sudah bisa ditembangkan syair Islami, jangan diputarkan lagu – lagu dandut,” ujar Rustamsyah.

Ia mengajak untuk terus menghidupkan dan menggalakkan seni budaya Islam.

“ Saya sebagai pribadi menyambut baik kegiatan lomba Berzanji dan Marhaban, ada baiknya masjid Agung Sungailiat dapat menjadi pusat kanjian Islam di Bangka Belitung,” ungkapnya.

Diharapkan Wabup masjid Agung Sungailiat juga dapat menggelar diskusi – diskusi yang terkait dengan kajian Islam dengan mengundang para akdemisi Islam seperti dari Stain SAS Bangka Belitung.

“ Kegiatan ini dapat terus berlangsung dimasa – masa yang akan datang dan bahkan dapat ditingkatkan,” ujar Rustamsyah.

Sementara itu Pelaksana Badan Pengelolaan Masjid Agung Sungailiat H. Saipul Zohri mengatakan, kegiatan lomba Berzanji dan Marhaban sebagi upaya untuk meramaikan masjid Agung dengan kegiatan bernuansa Islam.

Dijelaskannya,kabupaten Bangka merupakan bagian dari tanah Melayu yang tidak terlepas dari pengaruh budaya Islam, termasuk diantaranya syair – syair seperti yang ada pada Berzanji dan Marhaban yang kesemuanya mengisahkan tentang nabi Muhammad SAW.

Saipul Zohri juga memberikan apresiasi kepada para peserta, yang cukup banyak yang berminat mengikut lomba Berzanji dan Marhaban.

Kesempatan itu Ketua Patian Pelaksana Fredi F menjelaskan, dalam pembacaan Berzanji yang biasa dilakukan para orang tua jarang dilakukan anak – anak muda perlu terus dilestarikan sebagai budaya Islam.

Dikatakannya, Persatuan Remaja Masjid Agung Sungailiat melalui lomba Marhaban dan Berzanji ini mengajak generasi tua dan generasi muda menggalakkan Berzanji dan Marhaban sehingga Berzanji dan Marhaban benar – benar hidup dan dapat dilestarikan sekaligus menjadikan masjid Agung Sungailiat serbagai pusat pembinaan karakter dan kepribadian muslim khususnya dikalangan remaja.

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini untuk melestarikan seni budaya agama Islam, menjalin silaturahmi, menyebarkan syiar islam, menarik perhatian masyarakat kabupaten Bangka untuk turut menjaga dan melestarikan Marhaban dan Berzanji.

Lomba Membaca Berzanji dan Marhaban selain, dalam rangka memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dan HUT Kota Sungailiat ke 251, juga untuk mengisi dan merealisasikan visi Bupati dan Wakil Bupati Bangka yakni Bangka Bermartabat , sebagai pusat pembinaan keagamaan daan kepribadian muslim serta program kerja Persatuan Remaja Majid Agung Sungailiat tahun 2017.

Lomba berlangsung 26 – 27 April 2017 diikuti sebanyak 19 regu putra dan 20 regu putri. (Rus/Humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan