Wacana Program Pendidikan full D school, Rio Setiadi: Wali Murid Tak Perlu Resah

  • Whatsapp

Rio Setiadi, ST

KABARBANGKA.COM – Pangkalpinang

Bacaan Lainnya

Menanggapi adanya wacana program pemerintah pusat mengenai Full D School, dari Kementrian Pendidikan Nasional, Rio Setiadi (anggota DPRD Kota Pangkalpinang) menghimbau agar para Wali Murid tidak perlu resah dengan adanya wacana tersebut.

“Saya menghimbau kepada Wali Murid serta Guru-guru di sekolah Negeri, supaya tidak perlu resa tentang hal itu, kita harus lebih fokus untuk ke Pendidikan kita saja, sesuai Perda tentang pendidikan Tahun 2016 yang telah keluar dan kita sahkan, yang bertujuan mengatur semata-semata demi berkembang kemajuan dibidang pendidikan di Kota Pangkalpinan”, kata Rio Setiadi kepada wartawan, Senin (15/08/2016) didepan Kantor DPRD Kota Pangkalpinang.

Program Full D School, menurut anggota Fraksi PKS yang sering akrab disapa Rio ini, masih perlu adanya pengkajian yang lebih mendalam.

“Jangan sampai membatasi waktu istirahat bagi anak-anak kita, karena anak-anak itu masih perlunya waktu istirahat, dan dimasa anak-anak mereka itu perlu juga untuk bermain. Tidak usah di full D School saja, hari ini juga mereka pulang sekolah itu sudah membawa tugas-tugas yang sangat banyak dari sekolah, kemudian ketika sampai dirumah anak-anak ini pasti dalam keadaan kondisi letih (capek) belum lagi mereka mengerjakan tugas dari sekolah (PR)”, Jelas Rio.

Rio menyesali sekali atas ungkapan dari Kementrian Pendidikan tentang rencana Program Full D School ini.

” Saya sangat menyayangkan sekali atas komentar terlalu cepatnya ungkapan dari Kementrian Pendidikan beberapa lalu mengenai rencana Program Full D School, yang mana saat ini dampaknya sangatlah meresahkan bagi Wali Murid dan anak-anak sekolah. Apalagi kalau seandainya Program ini benar-benar terjadi tentunya saya sangat menyayangkan hal ini. Karena masih perlunya sebuah pekajian yang lebih dalam”, urainya.

Dia mencontohkan, Negara Polandia yang maju dibidang Pendidikannya, Negara tersebut tidak pernah memaksakan siswanya sekolah dengan jumlah durasi jam sekolahnya sangat panjang,
tetapi kualitas pendidikannya, diakui oleh negara lain sangat bagus. Sehingga Negara Polandia, termasuk peringkat 10 terbaik dunia, untuk dibidang pendidikan. Jadi sekali lagi untuk programnya hal ini perlu di kaji lagi oleh pemerintah pusat”,tegas Rio Setiadi.

Sementara ini dikarenakan kebijakkan ini belum ada,dan hanya sekedar wancana, Rio menghimbau kepada para Wali murid, ataupun yang berhubungan dengan Pendidikan tidak usah diambil terlalu pusing. Sebab, Program Full D School ini baru wancana saja yang sifatnya belum resmi dan tidak ada aturan resmi yang mengharuskan mengatur tentang hal ini, Tetaplah seperti bisa saja.

“Kita akan mengevaluasi ke sekolah-sekolah terkait dengan ketaatan mereka terhadap Perda Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan, karena itu yang lebih penting dari pada kita memikirkan sesuatu yang belum pasti”, himbaun Anggota DPRD Kota Pangkalpinang tersebut. (Robi /Toto)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan