Wagub Babel Minta Dalam Membangun Pasar, Kenyamanan Pembeli dan Penjual Harus Diperhatikan

  • Whatsapp

_dsc5354 _dsc5358

KABARBANGKA.COM — Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Hidayat Arsani, Senin (3/10) meninjau kondisi salah satu pasar tradisional yang berada di Kecamatan Gerunggang, Kota Pangkalpinang yaitu Pasar Pagi menurut rencana akan direvitalisasi dengan mengunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat sebesar 4 Miliar.

Bacaan Lainnya

Dalam kunjungannya Wagub Hidayat Arsani melihat secara langsung bangunan pasar yang akan direvitalisasi sekaligus dalam kesempatan tesebut Wagub Hidayat banyak menerima masukan dari para pedagang, kebanyakan dari mereka meminta agar lapaknya diperluas.

Kunjungan Wagub Hidayat Arsani tak hanya ke Pasar Pagi, Wagub beserta rombongan juga meninjau Pasar Modern Hypermart dan Pelayanan Samsat Corner yang berlokasi di BTC.

Usai peninjauan Wagub Hidayat Arsasni dalam keterangannya kepada sejumlah awak media yang ikut mendampingi mengatakan revitalisasi Pasar Pagi Pangkalpinang berujuan agar pasar tradisional menjadi pasar yang lebih baik, tidak kumuh sehingga layak untuk penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi jual beli.

“Pasar ini nantinya menjadi pasar modern yang sehat, limbahnya langsung diarahkan, nanti ada penampungan disiapkan juga oleh karena itu buat pasar yang bagus, agar pembeli nyaman dan penjual juga nyaman,” katanya.

Agar revitalisasi Pasar Pagi maksimal, Menurut Wagub Hidayat Arsani Pemerintah Kota Pangkalpinang jangan sungkan-sungkan untuk meminta bantuan ke Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Jika butuh bantuan dana silahkan ajukan ke Pemprov Babel,” ucapnya.

Terkait dengan tuntutan para pedagang Pasar Pagi agar lapaknya diperluas, Wagub menjelaskan untuk berjualan diperlukan tempat yang memadai sehingga para pedagang bisa menjajakan dagangannya lebih banyak dan beragam.

“Itu hanya permintaan mereka, dengan luas lapaknya hanya 90 senti mana cukup, dan hasil pertemuan tadi dengan Pemkot di lapangan bahwa itu akan diperluas sesuai permintaan pedagang, dan itu juga hanya sementara 3 bulan saja selama direvitalisasi, bukan permanen, ” tuturnya.

“Harus dicek kembali sayuran ini, mengadung bahan yang berbahaya atau tidak,” kata Wagub Hidayat kepada Manager Hypermart.

Sementara itu terkait revitalisasi Pasar Pagi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Babel, H.M. Yuliswan, SH, MM mengatakan pembangunan Pasar Pagi telah dilakukan dengan mengunakan anggaran Pemerintah Kota Pangkalpinang sebesar Rp. 8 Miliar dan tahun ini pemerintah pusat juga mengelontorkan dana sebesar Rp. 4 miliar untuk merevitalisasi Pasar Pagi.

Yuliswan juga menambahkan jika pemerintah Kota Pangkalpinang membutuhkan bantuan dalam revitalisasi Pasar Pagi, maka Pemerintah Provinsi melalui Diseprindag akan menyambut baik usulan tersebut.

“Kalau diajukan kita sampaikan ke Gubernur dan untuk gambaran ada kemungkinan bisa kita bantu sesuai kebutuhan, yang penting mereka ajukan dulu nanti kita bahas dianggaran perubahan,” pungkasnya.

Dalam kunjungannya Pasar Modern Hypermart untuk melihat kenyamanan dan kualitas bahan pokok yang di jual pasar modern tersebut, Wagub Hidayat meminta pihak Manager Hypermart agar sayur-sayuran yang di jual harus diperhatikan kualitas kesehatanya supaya tidak merugikan konsumen.

Samsat corner BTC

Di sela-sela kunjungan kerjanya Ke Pasar Pagi dan Moderen di BTC Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Hidayat Arsani SE juga menyempatkan singgah sesaat untuk mengamati dan melihat secara langsung pelayanan Samsat Corner Bangka Belitung.

Wagub Hidayat Arsani meminta agar luas Samsat Corner ditambah hal itu untuk menambah kenyamanan dalam melayani masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Samsat Corner ini harus diperluas. Agar yang bayar senang, petugas juga senang,” pungkas Wagub.

Menangapi keinginan itu, Kepala Dinas PPKAD Yulizar akan berupaya untuk memperluas ruangan pelayanan Samsat Corner. Menurutnya posisi pelayanan Samsat letaknya dipojok karena harus berdekatan dengan SIM Corner.

“kita lihat apakah ada yang lebih pas tempatnya untuk penempatan, disini 1 tahun sewanya dan karena pertimbangan berdampingan dengan SIM Corner, disudut itu agak luas,” jelasnya.

Dalam kunjungan kerjanya meninjau pasar tradisional dan modern serta Samsat Corner Wagub Hidayat Arsani di damping oleh Kepala Desperindag, Kepala Disnaker, Kepala Diskominfo, Karo Perekonomian, Kepala BP2TMP, Kasatpol PP, Kepala Dinas PPKAD dan Syafitri Staf Ahli Bidang SDM Sosial Kemasyarakatan, H.K.A Cholil Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan Daerah dan Syahrudin Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan serta sejumlah awak media. (Mislam/humasprobabel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan