Warga Keluhkan Bau Limbah Pabrik Tapioka

  • Whatsapp
Pabrik Tapioka PT MBL

KABARBANGKA.COM, BATENG —  Bau busuk yang diduga berasal dari limbah pabrik Tapioka PT Memban Jaya Lestari (MBL) milik pengusaha asal Koba, Bangka Tengah, dikeluhkan warga Simpang Jongkong, Kelurahan Simpang Perlang dan sekitarnya.

Ali, salah seorang warga setempat, mengeluhkan limbah pabrik tersebut mencemari kolong yang berada di dekat kebun miliknya.

Bacaan Lainnya

“Kolong ini biasa di pakai untuk mandi oleh sebagian masyarakat yang baru pulang dari kebun. Tapi sekarang airnya sudah tercemar limbah pabrik dan tidak bisa dipakai untuk mandi lagi. Kalau di pakai mandi badan jadi gatel – gatel, trus airnya juga jadi bau,” ungkap Ali belum lama ini.

Menanggapai keluhan warga tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah dari Partai PPP, Apri Panzupi mengakatakan, selaku lembaga pengawas kebijakan pemerintah pihaknya akan meminta pemerintah daerah untuk melakukan pembinaan kepada setiap investasi yang ada di Bangka Tengah.

“Kalau memang investasi tersebut ditemukan hal – hal yang belum sesuai aturan, pemerintah daerah harus turun melakukan pembinaan. Bila investasi ini dibiarkan liar tanpa ada pengawasan dari pemerintah daerah, akhirnya tidak akan maksimal,” kata Apri, Sabtu (23/06/2018).

Apri meminta pihak perusahaan melakukan pengembangbiakan bakteri untuk permentasi limbah, agar tidak lagi menimbulkan bau busuk.

“Kalau memang perizinannya belum lengkap, segera dilengkapi, termasuk dengan masuk juga efek limbah yang dihasilkan pabrik tersebut. Saya minta kepada pihak pabrik agar segera melakukan pengembanganbiakan bakteri untuk permentasi limbah, agar tidak ada lagi keluhan warga terkait bau dari limbah,” katanya. (Yan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan