Woow… Agrian Pepper of Nursery UBB Raih Juara III IBM SME Award 2016

  • Whatsapp

1 2

MERAWANG (UBB) — Setelah ‘bertarung’ selama empat hari (26-29 Agustus) di Jakarta, Universitas Bangka Belitung (UBB) kembali mengukir prestasi. Kali ini prestasi prestius itu diraih Agrian Pepper of Nursery (APN) dari Prodi Agroteknologi, sebagai juara ke tiga pada IBM Small Medium Entrerprise (SME) Award yang diikuti 23 universitas di seluruh Indonesia.

Bacaan Lainnya

Atas prestasi itu, APN yang diwakili Ainun Najib (mahasiswa semester VII Agrotek) menerima tropi dan membawa pulang uang pembinaan sebesar Rp 25 juta, yang diserahkan Sesmen Kementerian Koperasi dan UKM Ir Agus Muharam MPA bersama Wakil Presiden Direktur IBM Indonesia Novan Adnan, didampingi Sandiaga Uno dari Kadin Indonesia.
Kamis (01/09/2016) petang, tiga personel APN yaitu APN yakni Risa Agustina (ketua), Ainun Najib (manajer keuangan) dan Agus (manajer produksi) yang didampingi Riwan Kusmadi (dosen Agrotek), melaporkan kemenangan yang mereka peroleh kepada Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi.

Dalam pertemuan itu, Muh Yusuf mewakili sivitas akademika UBB mengungkapkan rasa bangga dan gembiranya terhadap semua prestasi yang diraih APN, baik di tingkat regional maupun nasional, di bidang kewirausahaan.

“Prestasi ini turut mengharumkan nama UBB di kancah nasional. Teruslah berprestasi. Selaku rektor, saya berharap lewat prestasi ini dapat mendorong dan meningkatkan inovasi dan kewirausahaan bagi seluruh mahasiswa UBB!,” ujar Muh Yusuf di ruang kerja rektor, Kampus Terpadu, Balunijuk.

APN beranggotakan mahasiswa/i ‘hebat’ ini sebelumnya (Februari 2016) telah mengejutkan mahasiswa dari universitas di Regional II Sumatera (Lampung, Bengkulu, Sumsel, dan Jambi).

Pasalnya, dengan usaha mandiri mereka kelola yaitu perbanyakan bibit lada satu ruas, membuat tim juri pada even Wirausaha Muda Mandiri (WMM) se Sumatera, menobatkan mereka sebagai kampiun (juara I) se Regional Sumatera II Kategori Sosial Pertanian dan Kelautan.
Lewat kemenangan itu, APN kemudian ‘mengutus’ Risa Agustina berlaga di di even WMM tingkat nasional di Jogyakarta, 7 Maret 2016. Sayangnya, karena tim juri hanya menetapkan dua pemenang saja, yaitu juara 1 dan 2, APN pun harus puas meski telah meraih posisi ke Tiga.

“Untungnya, karena nama APN sudah tercatat di tingkat regional dan nasional, kita pun dapat ‘wildcard’ untuk mewakili UBB ke even bergengsi IBM Small Medium Enterprise di Jakarta. Di even ini ‘bendera’ APN kami percayakan kepada Ainun Najib. Ainun lah yang mempresentasikan usaha bibit lada satu ruas itu kepada dewan juri,” ujar Risa Agustina.

Seluruh peserta mengikuti kompetisi di sebuah hotel berbintang di Jakarta. Disela-sela waktu kompetisi panitia mengajak peserta mengunjungi Baba Rafi Workshop dan pengenalan ‘social networking’ melalui golf di Jakarta Golf Club Rawamangun.

Sementara proses penjurian berlangsung selama tiga hari di kantor International Business Machine Corporation (IBM) Indonesia di Gedung The Plaza Building lantai 16, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.
Dewan juri terdiri dari staf dan pimpinan IBM, Kementerian Koperasi dan UKM, Bank Mandiri, Kadin, Otoritas Jasa Keuangan, serta pelaku bisnis dari Bakso Cak Man Malang, Ausssie Burger dan Martabak.

Pada lomba kewirausahaan antarkampus dengan tema ‘Best of the Best Entrepeneur Innovator 2016’ itu, dewan juri menetapkan Rusdiana Pertiwi G dari Universitas Jambi sebagai juara pertama, dan Dwiyanto A Sondi dari Universitas Tadulako, Palu, sebagai juara kedua.

Kemudian untuk juara terkategori gigih diberikan kepada Lusyana Amuruf dari Universitas Cendrawasih Jayapura, Papua.

Ainun Najib (21) menjelaskan, penilaian atas seluruh peserta IBM SME Award berlangsung sangat ketat dan dilakukan melalui tiga tahap. Proses awal, wakil dari 23 universitas diseleksi hingga diperoleh delapan orang nominasi.

“Kemudian kedelapan nominasi mempresentasikan usaha mereka, sehingga diperoleh lima peserta terbaik. Lalu, dari lima peserta terbaik diseleksi kembali sehingga diperoleh tiga peserta terbaik. Dewan juri meminta tiga peserta mempresentasikan rencana keberlanjutan usaha yang mereka kelola,” ujar Ainun Najib.

Posisi juara diumumkan dewan juri setelah mengumpulkan nilai dari hasil presentasi masing-masing finalis. Pengumuman juara diumumkan di Gedung Mandiri Inkubator Bisnis di Jakarta.

“Setelah diumumkan dan ternyata ada nama saya di posisi ke tiga, terus terang jantung saya berdebar kencang, namun setelah itu saya gembira karena bisa membesarkan nama UBB di kancah nasional,” ujar Ainun Najib mengaku terharu dan sempat menitikkan air mata
Santi Diansari Sarino, Country Manager CSR IBM Indonesia, menjelaskan IBM SME Award ini diinisiasi dan dipimpin langsung dirinya selalu country manager IBM Indonesia, merupakan salah satu program ‘corporate social responsibilities’ (CSR) IBM Indonesia untuk membangun ‘cerita sukses’ (succes story), panutan dan ‘start up’ bagi mendorong pertumbuhan kewirausahanaan bagi kalangan mahasiswa dan generasi muda di seluruh Indonesia.

Dalam rilisnya, Santi menegaskan IBM SME Award merupakan pemicu bagi mahasiswa untuk menjadi wirausaha dengan memberdayakan dirinya, keluarganya, lingkungannya, sehingga mampu meningkatkan perekonomian wilayahnya (eddy jajang jaya atmaja)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan