WUJUDKAN PERTANIAN TANGGUH, BUPATI BANGKA KUNJUNGI PT GPL

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Dalam rangka mendukung visi dan misi Pemkab Bangka yang salah satunya adalah mewujudkan pertanian yang tangguh dengan melibatkan pihak swasta, Bupati Bangka, Ir. H. Tarmizi H. Saat, MM melakukan kunjungan kerja ke pabrik pengolahan sawit PT Gunung Pelawan Lestari (GPL) di Dusun Tuing, Desa Mapur, Kecamatan Riausilip, Selasa (07/02/2017).

Bacaan Lainnya

Bupati Bangka dalam sambutannya mengatakan, pabrik pengolahan sawit PT GPL cukup asri sehingga bisa menampung Tandan Buah Segar (TBS) dari masyarakat yang mana dari izin yang diberikan seluas 12.000 ha baru tertanam kurang lebih 9.000 ha dan 3000 ha kebun plasma yang masih dalam proses dan segel perangkat desa.

‘’Terima kasih atas kerjasama yang baik antara pemerintah desa dan kecamatan dengan Pihak PT GPL sehingga bisa meningkatkan sektor pertanian perkebunan di Bangka,’’ungkap Bupati Bangka yang juga mengatakan kunjungan ke PT GPL ini sekaligus meninjau jalan yang sempat dikritisi mahasiswa UBB dan mengintruksikan dinas PU untuk melakukan perbaikan jembatan dan jalan di kawasan tersebut.

Bupati Bangka juga mengharapkan kedepannya ada program Kebun Kelapa Sawit Rakyat (KKSR). kita partisan pertama bersama masyarakat Babel dan TNI, ada sekitar 210 miliyar untuk UKM KKSR. Terima kasih juga disampaikan kepada camat dan kepala desa atas kerja sama selama ini, kemudian kerja sama yang baik harus kita tingkatkan. Diharapkan juga kepala desa dan BPD bekerja sama dengan pemimpin Perusahaan mengenai keamanan buah sawit dan lainnya. Supaya keamanan tetap terjamin kedepannya. Karena di daerah sumatera banyak kasus buah sering hilang diatas batang.

‘’Mengenai pupuk, sekarang lagi pengenalan dan sosialisasi pupuk kujang yang memang cocok digunakan untuk spesifikasi tanah bangka dan sedang dicoba di kebun sawit, lada, dan karet milik saya sendiri,’’ujar Bupati Bangka seraya menambahkan PT Pupuk Kujang merupakan anak perusahaan PT Pusri.

Sementara itu, Wakil manager PT GPL, Luhut dalam sambutannya mengucaokan terima kasih atas kedatangan Bupati Bangak beserta rombongan dan mengatakan bahwa untuk anggota koperasi Plasma yang tergabung di PT GPL adalah yang terbanyak dibandingkan perusahaan lain di Bangka karena komitmen pemimpin perusahaan untuk melebihi luasan plasma yang ditetapkan oleh Pemerintah dan karyawannya yang berjumlah 1500 orang ini telah terdaftar di BPJS ketenagakerjaan dan BPJS kesehatan.

‘’Luasan sawait sekitar 9 ribuan hektar dan kedepannya dapat mencapai 60 ton dan dapat bermanfaat bagi Kabupaten Bangka. Untuk hal-hal social tetap berkordinasi dengan perangkat desa,’’ungkap Luhut.

Dikatakannya lagi, untuk buah sawit yang dikelola masyarakat agar menghasilkan kualitas buah sawit yang baik dan dapat mengimbangi hasil buah sawit di PT GPL, pihaknya sudah melakukan penyuluhan kepada petani yang menitipkan buah ke PT GPL. Untuk harga PT GPL memberikan harga yang cukup bersaing dengan pabrik sawit yang ada di Kabupaten Bangka khususnya yang dapat dilihat bahwa banyaknya pengiriman buah sawit ke PT GPL.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Bupati Bangka didampingi kepala Dinas Pertanian, Kemas Arfani Rahman, Dinas Perumahan, Kepala Satpol PP, Kabag Humas dan Protokol Sekda Bangka, Boy Yandra, serta perwakilan SKPD lainnya. (Aldi/Eddo Richardo/Humas Pemkab Bangka)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan