oleh

105 Peserta Ikuti Seleksi Tilawatil Qur’an ke-X

 15 total views

BANGKA — Sebanyak 105 orang peserta mengikuti kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-X untuk tingkat Kecamatan Bakam Tahun 2019.

Hal tersebut terungkap pada pembukaan kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) untuk tingkat Kecamatan Bakam Tahun 2019 oleh Bupati Bangka yang diwakili Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Bangka Teddy Sudarsono, Rabu malam (14/02/2019) di Masjid Al-Istiqomah Desa Tiang Tara Kecamatan Bakam.

“ Adapun jumlah peserta yang akan mengikuti perlombaan adalah sebanyak 105 orang peserta. Peserta STQ ke-X tingkat Kecamatan Bakam Tahun 2019 sendiri adalah qori dan qori’ah dengan kategori anak-anak, remaja, dan dewasa yang merupakan utusan/kafilah dari sembilan (9) desa di wilayah Kecamatan Bakam,” ungkap Ketua Pelaksana kegiatan Jaleari dalam laporan yang dibacakannya

Dijelaskannya, dalam kegiatan tersebut memperlombakan delapan (8) cabang lomba, yaitu cabang tilawah Al-Qur’an golongan tilawah anak-anak putra dan putri, cabang tilawah Al-Qur’an golongan tilawah remaja putra dan putri, cabang tilawah Al-Qur’an golongan tilawah dewasa putra dan putri, cabang hifzil Qur’an golongan 1 juz tilawah putra dan putri, cabang hifzil Qur’an golongan 5 juz tilawah putra dan putri, cabang hifzil Qur’an golongan 10 juz tilawah putra dan putri, cabang musabaqah Hadist Nabi golongan hafalan 100 Hadist dengan sanad putra dan putri, serta cabang musabaqah Hadist Nabi golongan hafalan 500 Hadist dengan sanad putra dan putri.

“ Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-X untuk tingkat Kecamatan Bakam Tahun 2019 ini adalah sebagai media syiar Islam sekaligus mengembalikan kesadaran umat akan pentingnya mempelajari dan mengamalkan Al-Qur’an, sebagai media silaturahmi antar warga di wilayah Kecamatan Bakam, memberikan kesempatan bagi generasi muda qori dan qori’ah di Kecamatan Bakam untuk mengembangkan kemampuan dalam membaca Al-Qur’an, dan mencari bibit-bibit baru qori dan qori’ah yang akan mewakili Kecamatan Bakam dalam event STQ tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional,” ujarnya

Ditambahkannya, kegiatan STQ tersebut akan digelar selama tiga (3) hari dari tanggal 14 sampai dengan tanggal 16 Februari 2019. Dengan dasar pelaksanaan, Surat Bupati Bangka nomor : 451.1/0133/II/2019 tanggal 15 Januari 2019 perihal pelaksanaan STQ IX tingkat Kabupaten Bangka,Surat Keputusan Camat Bakam nomor: 188.45/026/19.01.06/2019 tanggal 26Januari 2019 tentang pembentukan tim koordinasi dan pengawasan dan Panitia pelaksana kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kecamatan Bakam tahun 2019, Surat Keputusan Camat Bakam nomor : 188.45/025/19.01.06/2019 tanggal 26 Januari 2019 tentang penetapan tempat penyelenggaraan kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kecamatan Bakam tahun 2019, serta Surat Keputusan Camat Bakam nomor : 188.45/027/19.01/06/2019 tanggal 13 Februari 2019 tentang penunjukan Dewan Hakim kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kecamatan Bakam tahun 2019.

Sementara itu, Bupati Bangka yang diwakili Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Bangka Teddy Sudarsono dikesempatan tersebut membuka resmi kegiatan yang ditandai dengan pemukulan bedug.

“ Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah begitu baik menyiapkan segala sesuatunya sehingga terlaksananya kegiatan STQ pada malam hari ini,” katanya

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kecamatan ini, merupakan yang perdana se-Kabupaten Bangka. Beliau menilai hal ini berarti pihak Kecamatan Bakam lebih siap dari tujuh Kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Bangka, hal ini juga berarti Kecamatan Bakam memiliki lebih banyak waktu untuk membina para qori/qori’ahnya untuk menuju Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kabupaten Bangka nanti.

“ Kepada para juri dan hakim STQ, bertindaklah profesional, jangan melihat peserta lomba anak siapa, itu anak ini, ini anak itu. Janganlah sepert itu, profesionalah. Profesional artinya kalau memang tidak layak menang walaupun anak orang kaya, jangan dimenangkan.Tetapi, kalau memnag bagus, itulah yang harus dimenangkan sekalipun ia hanya anak seorang petani biasa,” pesannya

Dikesempatan yang sama, Camat Bakam Zulfakar dalam sambutannya menyampaikan harapan kepada seluruh peserta Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) X Kecamatan Bakam, untuk meningkatkan prestasi Kecamatan Bakam di tingkat Kabupaten Bangka.

“ Saya berharap untuk tahun ini, ada perubahan, ada perubahan minimal naiklah peringkat, itu harus kita pacu dan kita harus berjuang,”harapnya

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Pembangunan Manusia
dan Kebudayaan Setda Kabupaten (Kab) Bangka Zulkarnain Idrus, Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Perekonomian Setda Kab.Bangka Dawami, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Bangka Tony Marza, perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Bangka serta tamu undangan lainnya. (Rilis)

 

Sumber : Dinas Kominfotik Pemkab Bangka

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed