oleh

113 Wartawan Terima Materi Pemahaman Pancasila Dan Konstitusi

 23 total views

Pembukaan Kegiatan Peningkatan Pemahaman Pancasila Dan Konstitusi Bagi Wartawan se – Indonesia

BOGOR — Sebanyak 113 orang jurnalis dari berbagai media massa dan daerah di Indonesia, mengikuti kegiatan Peningkatan Pemahaman Pancasila Dan Konstitusi Bagi Wartawan se-Indonesia di Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Pancasila & Konstitusi Mahkamah Konstitusi di Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Kegiatan yang digelar 22 – 25 April 2019 itu, merupakan kerjasama Mahkamah Konstitusi dengan Dewan Pers.

Para peserta merupakan wartawan yang sudah lulus Uji Kompetensi Wartawan, dan perusahaan medianya sudah terverifikasi di Dewan Pers. Selain itu, peserta juga berasal dari pengurus salah satu organisasi profesi wartawan atau organisasi perusahaan pers, yang sudah ditetapkan sebagai Konstituen Dewan Pers.

Kegiatan Peningkatan Pemahaman Pancasila Dan Konstitusi Bagi Wartawan se-Indonesia, dibuka langsung oleh Ketua Mahkamah Konstitusi Dr. Anwar Usman, SH.MH. Hadir Sekretaris Jenderal Makhamah Konstitusi Prof. Dr. M. Guntur Hamzah, SH.MH, Kepala Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Mahkamah Konstitusi Kurniasih Panti Rahayu, SE.MA, Kepala Bagian Hubungan Masayarakat Mahkamah Konstitusi Fajar Laksono, dan Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo.

Sebagai pemateri, di antaranya Prof. Susi Dewi Hariyanti, SH, LL.M, Ph.D, DR. Fajar Laksono, S.Sos, MH, Prof. Dr. Judhariksawan, SH.MH, Dr. Achmadi Edi Subiyanto, SH.MH, Herutjahjo Soewardo, dan Ahli IT dari Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Para pemateri tersebut merupakan para pakar atau ahi di bidangnya masing-masing.

Prof. Susi Dewi Hariyanti, SH, LL.M, Ph.D mengisi materi tentang Konstitusi Dan Konstitusional Indonesia.

DR. Fajar Laksono, S.Sos mengisi materi tentang Sistem Penyelenggaraan Negara Menurut Undang – undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Prof. Dr. Judhariksawan, SH.MH mengisi materi tentang Jaminan Hak Konstitusional Warga Negara Dalam Undang – undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dr. Achmadi Edi Subiyanto mengisi materi tentang Hukum Acara, Mekanisme, Tahapan, dan Jadwal Penyelesaian Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

Herutjahjo Soewardo dari Dewan Pers, memberikan Presentasi Penanganan Pengaduan Atas Pengaduan Pelanggaran Pemberitaan Pemilu 2019, dan Makalah Pengaduan Terkait Kasus Pemilu ke Dewan Pers.

Ahli IT dari Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi memberikan materi tentang Penanganan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019 Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi.

Kegiatan Peningkatan Pemahaman Pancasila Dan Konstitusi Bagi Wartawan se-Indonesia itu, mengingatkan kembali dengan kegiatan Penataran Pedoman, Penghayatan, dan Pengamalan Pancasila atau yang disingkat Penataran P4, ketika baru masuk Sekolah Menegah Pertama pada tahun 1991 silam.

Sungguh kegiatan yang sangat bermanfaat. Sekian puluh tahun berlalu, tak membuat para peserta Diklat melupakan Penataran P4 tersebut. Para peserta yang berasal dari berbagai media massa dan daerah di Indonesia itu, berkumpul bersama dalam satu kesatuan untuk Indonesia. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed