BANGKA SELATANHEADLINE

14 Desa di Basel Mengalami Kasus Stunting

×

14 Desa di Basel Mengalami Kasus Stunting

Sebarkan artikel ini

BANGKA SELATAN — Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid mengungkapkan sebanyak 14 desa di Kabupaten Bangka Selatan mengalami kasus stunting atau masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak.

“Empat belas desa itu di antaranya Desa Serdang, Jelutung II, Gudang, Sebagin, Tepus, Sidoharjo, Celagen, Payung, Rias, Ranggung, Paku, Tanjung Sangkar, Tanjung Labu dan Desa Penutuk,” ucap Riza Herdavid pada pembukaan kegiatan peningkatan kapasitas pengelola Proyek Prioritas Nasional Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kelahiran, Selasa (18/5/21) di Balai Daerah Parit.

Dikemukakan dia pada tahun 2020 terdapat 8 desa di Negeri Junjung Besaoh yang mengalami kasus stunting, yakni Desa Serdang, Jelutung II, Gudang, Sebagin, Tepus, Sidoharjo, Celagen dan Payung. Pada tahun 2021 mengalami peningkatan kasus stunting disusul oleh 6 desa yaitu Desa Rias, Ranggung, Paku, Tanjung Sangkar, Tanjung Labu dan Desa Penutuk.

“Jadi masalah ini adalah tugas kita bersama dalam menekan jumlah kasus stunting dengan cara melakukan kerja sama lintas sektor dan mitra kerja, baik yang di kantor maupun dilapangan adalah merupakan salah satu upaya kita dalam mencegah adanya penambahan kasus stunting,” katanya.

Orang nomor satu di Kabupaten Bangka Selatan ini menjelaskan data word bank ranking pada kasus balita yang mengalami stunting urutan pertama yaitu pada negara India sebanyak 48,2 juta atau 39 persen balita, kedua Pakistan 10 juta atau 45 persen balita, ketiga Nigeria 10,0 juta atau 33 persen balita dan peringkat keempat Indonesia 8,8 juta atau 36 persen balita.

“Sedangkan 2 berdasarkan riset kesehatan dasar melaporkan bahwa terjadi peningkatan prevalensi stunting balita dari 35,6 persen menjadi 37,2 persen dan mengalami penurunan menjadi 18,5 persen. Oleh karena itu mari para kader dan penyuluh untuk tetap semangat turun kelapangan, dalam rangka mencegah adanya penambahan kasus stunting,” tutup Riza. (Yusuf)

READ  Gegara Ini, Walikota Sampaikan Permohonan Maaf