oleh

18 Calon Kades di Belinyu Tanda Tangani Deklarasi

BANGKA — Sebanyak 18 orang, yang mencalonkan diri menjadi Kepala Desa, menandatangani deklarasi, Sabtu (09/10) pagi, di rumah dinas Camat Belinyu.

Ke 18 calon Kepala Desa ini, nantinya, akan berkompetisi pada ajang Pilkades pada 13 Oktober mendatang.

Total, sebanyak 4 Desa, di Kecamatan Belinyu menggelar Pilkades serentak pekan depan.

Camat Belinyu, Syarli Nopriansyah, mengatakan, saat ini sudah dalam situasi masa tenang.

Selanjutnya, kata dia, penandatanganan deklarasi itu bukan hanya formalitas semata, namun, kata dia, para calon Kepalad Desa juga berkomitmen, siap menang ataupun kalah, dengan hasil atau keputusan pemilihan nanti.

” Sekarang sudah masuk masa tenang, jadi tadi deklarasi bersama lah, yang penting dalam deklarasi ini tadi, para calon Kades siap menang dan siap kalah,” kata Syarli, Sabtu pagi.

Syarli juga mengatakan, sebanyak 18 orang, di 4 Desa di Kecamatan Belinyu, mencalonkan diri dalam kompetisi demokrasi ini.

Sementara, untuk masalah pengawasan dan pengamanan, pihak Polsek Belinyu juga turut mengawasi ajang demokrasi ini.

Kapolsek Belinyu, Kompol Noval Desky, mengatakan, Kepolisian sendiri sudah mengikuti perkembangan pemilihan ini dari jauh waktu sebelumnya, terutama dari mulai para calon Kepala Desa dan juga tempat pemilihan suara atau TPS.

” Jadi kita memang sudah maping, terutama untuk para calon, kemudian juga untuk lokasi-lokasi yang digunakan sebagai TPS,” ungkap Kompol Noval, saat dihubungi via telepon selulernya.

Untuk itu, Kompol Noval mengimbau, kepada calon Kepala Desa untuk tetap menjaga kondusifitas. Apalagi, kata dia, saat ini masih pandemi virus Corona masih mewabah, untuk itu, dia menegaskan, dalam pelaksanaan nantinya aturan protokol kesehatan harus diterapkan.

” Yang pertama, kita himbau kepada para calon, tolong jaga kondusifitas, kemudian yang kedua, sekarang masih masa pandemi, saya minta kepada seluruh calon Kepala Desa agar peduli kepada kesehatan masyarakat, jangan nanti kumpul-kumpul banyak orang yang justru membuat klaster baru,” kata dia.

Untuk 4 Desa di Kecamatan Belinyu, yang nantinya akan melaksanakan Pilkades serentak adalah Desa Lumut, Desa Bintet, Desa Gunung Pelawan dan Desa Gunung Muda. Pada penandatanganan deklarasi itu juga dikawal oleh pihak TNI Polri. (Randhu)

Komentar

Tinggalkan Balasan