oleh

300 Personil Siaga di Pantai Matras

BANGKA — Kapolres Bangka AKBP Widi Haryawan mengungkapkan, sejak Senin kemarin ratusan personil Kepolisian disiagakan di Pantai Matras, Kabupaten Bangka, untuk mengantisasi segala kemungkinan terburuk dari kubu pro dan kontra, atas rencana penambangan timah mengunakan Kapal Isap Produksi yang akan dilakukan oleh PT Timah Tbk dan perusahaan mitranya.

“Sebenarnya kita sudah di sini sejak (Senin) kemarin, terkait rencana masuknya KIP di wilayah Matras ini, karena ada dua kubu yang pro dan yang kontra. Berdasarkan dari pengalaman tahun lalu, kita menghindari hal (bentrok dua kubu) tersebut. Oleh karena itu kepolisian, dalam hal ini Polres Bangka dengan dibackup dari personil Polda Babel, kita melaksanakan pengamanan untuk mencegah adanya saling kontak,” ungkap AKBP Widi Haryawan, Selasa (10/11) siang.

“Untuk saat ini personil yang kita libatkan kurang lebih sekitar 300 orang,” imbuhnya.

Meski tidak secara detail tentang potensi konfliknya, namun Kapolres Bangka itu memastikan pihak Kepolisian melaksanakan pengamanan, untuk mengantisipasi jangan sampai terjadi kontak fisik di antara kedua kubu (pro dan kontra), serta mencegah penyebaran Covid-19 yang jumlahnya terus bertambah.

“Untuk saat ini kami mencoba menahan, mengantisipasi pihak pro jangan sampai ada yang turun ke sini, itu yang pertama, untuk menghindari terjadinya gesekan di lapangan dengan pihak yang kontra. Kemudian yang kedua, dikhawatirkan akan ada peningkatan terkait dengan penderita Covid-19. Karena beberapa saat yang lalu di wilayah kita (Kabupaten Bangka) terjadi peningkatan yang cukup signifikan,” bebernya.

AKBP Widi Haryawan mengimbau kepada masyarakat yang kontra penambangan di lepas pantai perairan Matras, agar menyampaikan penolakan tersebut melalu jalur resmi secara elegant.

“Kami mengimbau kepada masyarakat, apabila ada yang tidak pas atau kurang berkenan, agar disampaikan penolakan tersebut dengan melalui jalur-jalur resmi secara elegant,” demikian Kapolres.

Nampak hadir Direktur Samapta Polda Babel AKBP Fadly Munzir, didampingi Kasubdit Dalmas AKBP Indra Silalahi.

Direktur Polairud Kombes Pol Mochamad Zainul, didampingi Kabag Bin Ops AKBP Stevanus Saparsono, dan Kasubdit Gakkum Kompol Ade Zamrah.

Kemudian ada Wakil Komandan Satuan Brimob Polda Babel, AKBP Edison Ludy Bard Sitanggang.

Kapolres Bangka AKBP Widi Haryawan, didampingi Kabag Ops, Kasat Reskrim, Kasat Shabara, Kasat Polair, Kasat Intelkam,  Kapolsek Sungailiat dan Kapolsek Riau Silip.

Sementara dari PT Timah Tbk, nampak Kepala Divisi Pengamanan, Kepala Bidang Kapal Isap Produksi, dan Kepala Unit Laut. (Romlan)

Komentar

Tinggalkan Balasan