HEADLINERAGAM

33 Calon Prajurit TNI AL Asal Babel Diberangkatkan

×

33 Calon Prajurit TNI AL Asal Babel Diberangkatkan

Sebarkan artikel ini

BANGKA — Sebanyak 33 orang calon prajurit atau Capra TNI AL asal Bangka Belitung, diberangkatkan menuju panitia pusat penerimaan atau panpus TNI AL di Tanjung Pinang, Kamis (22/04) siang, di Balai Prajurit RE Martadinata Lanal Babel.

Para calon tentara ini diberangkatkan menggunakan kapal swasta milik perusahaan pelayaran Pelni yaitu KM Sabuk Nusantara, melalui pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu.

Mereka yang diberangkatkan adalah yang sudah lulus tahapan seleksi calon bintara atau caba dan calon bintara atau cata, yang dilaksanakan Lanal Babel.

Pelepasan ke 33 calon prajurit itu dipimpin langsung oleh Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Dudik Kuswoyo yang sekaligus merangkap sebagai ketua panitia daerah wilayah Bangka Belitung.

Kolonel Dudik mengatakan, total 200 orang lebih sudah mendaftar dalam penerimaan itu, namun yang terpilih hanya 33 orang.

“Dari awal mendaftar Caba PK 209 orang dan Cata 67 orang untuk saat ini berangkat menuju pantukhir pusat, Cata 22 orang dan Caba 11 orang, 33 orang pemuda asal Babel adalah terbaik dari yang terbaik,” Ungkap Kolonel Dudik.

“Di pundak merekalah nantinya akan menjaga perairan Kepulauan Babel yang terdiri atas banyak pulau dan perairan yang luas,” Tambahnya.

Dihadapan para orang tua calon-calon prajurit ini, Kolonel Dudik meminta doa restu kepada para putra mereka. Lanjut itu kata Kolonel Dudik, kedepan pihaknya akan membuka kembali pendaftaran khusus Akademi Angkatan Laut atau AAL.

” Para orang tua Calon sekalian doakan mereka dan ikhlaskan untuk mewujudkan cita-cita mereka, semoga semua yang kita berangkatkan bisa lolos dan mengikuti pendidikan pertama. Lanal Babel kedepan akan membuka pendaftaran Calon Cadet AAL, silakan bilamana ada putera puteri yang memenuhi syarat, di antaranya jurusan IPA bisa mendaftar di Lanal Babel,” Jelasnya.

Masih kata Kolonel Dudik, proses pendaftaran calon siswa TNI AL tidak pernah dikenakan atau dipungut biaya.

“Sesuai perintah dan penekanan KASAL, Laksamana TNI Yudo Margono,  selama proses pendaftaran sampai seleksi akhir Casis TNI AL tidak dipungut biaya. Apabila ada panitia daerah yang memungut biaya, segera laporkan! TNI AL membutuhkan prajurit yang handal dan bermental baik, sesuai harapan dan keinginan pimpinan TNI AL juga Casis,” Demikian Kolonel Dudik. (Randhu/Dispen Lanal Babel)

READ  Mayjen TNI Farid Makruf Langsung Beri Perhatian