oleh

45 Siswa Ikuti ANBK

BANGKA SELATAN – Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Payung, Kabupaten Bangka Selatan, menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer. ANBK yang digelar pada 19 September hingga hari ini, Kamis 22 September 2022 berjalan tertib, aman dan lancar.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Payung, Amirullah mengatakan, pelaksanaan ANBK serentak ini untuk mengukur kualitas proses pembelajaran di sekolah. Tujuan dari pelaksanaan ANBK adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi bagi peserta didik secara umum dan bagi sekolah sendiri.

“Jadi ANBK ini diikuti 45 siswa, di mana dari 45 siswa ini dibagi menjadi 3 sesi yang dipilih secara acak oleh Tim Kementerian Pendidikan Nasional. Ini adalah tahun kedua SMP Negeri 2 Payung ikuti program ANBK yang dimulai tahun 2021, dengan sasaran untuk jenjang SMP adalah siswa kelas 8 dan semua guru,” jelas Amirullah, Kamis (22/9/22).

Menurutnya, ANBK tahun 2022 ini diikuti 30 SMP Negeri dan 7 SMP Swasta di Kabupaten Bangka Selatan yang dilaksanakan dengan moda online dan ada yang semi online. Gelombang I diikuti sebanyak 12 sekolah, sedangkan gelombang II diikuti sebanyak 15 sekolah.

ANBK tersebut dilaksanakan dengan materi Asesmen Kompetensi Minimum, yang terdiri atas Kemampuan Literasi dan Kemampuan Numerasi, Survey Karakater dan Survey Lingkungan Belajar bagi siswa dan hanya Survey Lingkungan Belajar bagi semua guru.

“ANBK berbeda dengan Ujian Sekolah Berbasis Komputer atau USBK, karena USBK adalah untuk menguji kemampuan siswa selama menempuh pendidikan di sekolah dari kelas awal sampai kelas akhir, sedangkan ANBK hanya sebagai survey dan tidak terkait nilai siswa,” tutup Amirullah. (Yusuf)