oleh

53 Orang Calon Panwascam Ikuti CAT

BANGKA TENGAH — Kelompok Kerja (Pokja) Pembentukan Panwas Kecamatan Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) pada Jum’at (13/12) kemarin menggelar tes tertulis dalam bentuk CAT (Computer Assistes Tes) bagi para calon Anggota Panwas Kecamatan yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi. CAT yang dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB hingga 09.30 WIB di SMAN I Koba ini, diikuti sebanyak 53 orang peserta dari total 55 orang peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Ketua Pokja Pembentukan Panwas Kecamatan Bawaslu Kabupaten Bateng Robianto mengatakan terdapat dua orang peserta yang tidak hadir mengikuti CAT tersebut yang keduanya berasal dari Kecamatan Pangkalan Baru.

“Total peserta yang lulus seleksi administrasi sebanyak 55 orang yang tersebar di 6 kecamatan. Namun, ada yang tidak hadir sebanyak 2 orang yang keduanya berasal dari Kecamatan Pangkalan Baru. Kita tidak tahu apa penyebab ketidakhadiran dua orang peserta tes ini. Seluruh peserta sudah kita konfirmasi melalui telepon mengenai jadwal tes ini pada Kamis kemarin atau sehari sebelum tes. Selain itu, pengumuman pelaksanaan tes ini sudah kita lakukan di media massa lokal, website Bawaslu Bateng dan berbagai medsos milik Bawaslu Bateng,” ujarnya disela-sela kegiatan CAT, Jumat (13/12/2019).

Dalam pelaksanaan tes ini, menurutnya ada 100 soal pilihan ganda yang harus diselesaikan oleh peserta dengan waktu selama 90 menit. Setelah peserta menyelesaikan tes, nilai tes masing-masing peserta langsung dapat diketahui di PC yang digunakan oleh peserta.

“Setiap peserta itu memiliki ID log in yang berbeda-beda dengan peserta yang lainnya. ID log in ini baru tengah malam semalam kita terima untuk kita cetak dan dibagikan kepada seluruh peserta yang hadir saat sudah berada di dalam ruang tes,” terangnya seraya menyatakan untuk Kabupaten Bateng hanya dilaksanakan satu sesi CAT.

Ditegaskannya yang juga menjabat sebagai Ketua Bawaslu Kabupaten Bateng, pihaknya sama sekali tidak mengetahui bentuk soal yang dibuat, karena seluruh soal bersumber dari pihak Bawaslu RI.

“Kita sama sekali tidak tahu untuk soal itu seperti apa, karena semuanya dikelola oleh Tim SDM Bawaslu RI. Ini guna menjamin transparansi dan kredibilitas pelaksanaan CAT,” tegasnya.

Disampaikannya, pihaknya merasa bersyukur karena pelaksanaan CAT di Kabupaten Bateng berlangsung lancar dan tidak ada kendala sama sekali, termasuk jaringan yang terkoneksi sangat baik.

“Alhamdulillah semuanya berjalan lancar dan tidak ada kendala. Kita juga berterima kasih kepada pihak SMAN I Koba karena telah difasilitasi dengan baik untuk pelaksanaan CAT ini,” ucapnya.

Lebih lanjut diterangkannya, setelah pelaksanaan CAT ini, seluruh peserta yang mengikuti CAT akan dilakukan tes wawancara pada tanggal 14-17 Desember 2019 yang dilaksanakan di Kantor Bawaslu Kabupaten Bateng.

“Jadwal tes wawancara sudah kita susun dan kita sampaikan kepada peserta tes. Nantinya Anggota Panwas Kecamatan terpilih akan kita umumkan pada Rabu (18/12) di website dan akun-akun medsos Bawaslu Kabupaten Bateng. Setelah itu, calon Anggota Panwas Kecamatan Terpilih akan mengikuti tes kesehatan rohani dan tes bebas narkoba. Jika memenuhi syarat, maka akan kita lantik pada tanggal 22 Desember 2019,” pungkasnya. (Rilis)

Sumber :Humas Bawaslu Bangka Tengah

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed