oleh

534 Penyandang Disabilitas Masuk Daftar Pemilih Tetap

Konferensi Pers KPU Bangka

BANGKA — Sebanyak 534 penyandang Distabilitas dinyatakan masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Umum mendatang. Keterangan ini disampaikan pihak Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka, pada Konferensi Pers yang digelar Senin (21/1/2019) siang, di Kantor KPU Bangka.

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Bangka, Imam Supiar dalam keterangannya mengatakan, data penyandang Disabilitas tersebut adalah hasil akumulatif se – Kabupaten Bangka. Untuk mendata penyandang Disabilitas, bidang yang dipimpinnya akan melakukan kordinasi dengan pihak Dinas Sosial dan Sekolah Luar Biasa, guna validasi data Disabilitas.

“Untuk pemilih Disabilitas di Kabupaten Bangka itu ada 534 yang sudah masuk Daftar Pemilih Tetap. Namun dalam waktu dekat kita akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Sosial serta Sekolah Luar Biasa, guna mencocokkan data dari KPU. Kalau masih ada pemilih Disabilitas yang belum masuk DPT, nanti akan kita masukkan” kata Imam Supiar.

Di tanya awak media terkait bagaimana teknis pendampingan dari pihak penyelenggara terhadap pemilih Disabilitas pada saat pencoblosan?

“Salah satu contoh Tuna Netra, diutamakan keluarga yang mendampingi. Jika tidak ada keluarga, tugas KPPS mendampingi. Sebelum mendampingi, ada formulir khusus yang harus di isi KPPS tersebut” jawab Imam Supiar.

Imam Supiar melanjutkan, jika penyandang Disabilitas di anggap bisa mencoblos sendiri, tidak perlu pendampingan. Dia juga menekankan, petugas di TPS harus fleksibel terhadap pemilih Disabilitas.

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu itu menambahkan, terkait Daftar Calon Tetap Legeslatif ada perubahan, yang semula 461 menjadi 459 Caleg. Perubahan terjadi karena meninggalnya dua orang Calon Legislatif, yaitu satu Caleg dari Partai Keadilan Sejahtera, dan satu Caleg dari Partai Golongan Karya. (AR77)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed