oleh

Ada 53 Titik Di Babel

PANGKALPINANG — Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Nenda, selaku Prakirawan mengatakan, potensi terjadinya kebakaran hutan di Bangka Belitung, diprediksi lebih dari 50 persen.

Menurutnya, terdapat 53 titik panas yang tersebar di Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, dan Belitung Timur.

“Potensi kebakaran hutan di Babel cukup tinggi, ada 53 titik panas tersebar di seluruh wilayah Babel,” ungkap Nenda, Senin (23/9/2019).

Titik terpanas dan lebih banyak berpotensi kebakaran hutan, pun diterangkannya berada di wilayah Bangka Selatan.

“Dari mulai Desa Payung, Simpang Rimba, hingga Toboali itu titik terpanas di wilayah Babel,” kata Nenda.

Tidak hanya itu, kata Nenda, untuk masalah kekeringan pun melanda beberapa daerah di Babel, terutama di wilayah Bangka Selatan dan Belitung.

“Untuk wilayah Bangka Selatan titik kekeringan menunjukkan warna merah jambu, yang berarti kekeringan terpanjang ada di wilayah Bangka Selatan. Sedangkan Belitung titik kekeringan menunjukkan warna merah, yang berarti sangat ektrem,” jelasnya.

Nenda juga mengajak masyarakat untuk meminimalisir terjadinya kebakaran hutan. Dikatakannya, pihak BMKG juga telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan.

“Membuang puntung rokok sembarangan, membuka lahan dengan cara dibakar, bukan hanya kebakaran namun itu juga mengakibatkan kabut asap yang semakin parah,” kata dia. (Mg/1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed